23 Ribu Dosis Vaksin Astrazeneca Diterima Dinkes OKU

BATURAJA  – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menerima 23 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang peruntukannya bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Jumat, mengatakan puluhan ribu dosis vaksin COVID-19 tersebut tiba di Kabupaten OKU pada Kamis (4/11) pagi sekitar pukul 8.30 WIB.

Pendistribusian vaksin dari Palembang ke Kabupaten OKU mendapat pengawalan ketat pihak Polres OKU untuk memastikan diterima dalam keadaan baik. “Total yang terima sebanyak 23 ribu dosis dan semuanya jenis AstraZeneca,” ujarnya.

Dia menjelaskan vaksin tersebut telah dialokasikan untuk TNI/Polri dan didistribusikan ke tiga rumah sakit serta 18 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten OKU.

Pendistribusian vaksin ke seluruh fasilitas kesehatan tersebut dilakukan untuk mempercepat capaian kekebalan kelompok bagi seluruh masyarakat Kabupaten OKU agar terhindar dari virus corona.

Untuk mempercepat proses vaksinasi, pihaknya mengerahkan 120 tenaga vaksinator terlatih dari seluruh UPTD Puskesmas dan tiga rumah sakit di wilayah setempat agar program tersebut berjalan optimal.

Dinas Kesehatan Kabupaten OKU bersama TNI dan Polri juga menggencarkan program “keroyok” vaksin hingga ke desa-desa agar seluruh masyarakat mendapat vaksin lengkap hingga Desember 2021.

“Minimal tercapai 70 persen hingga akhir Desember 2021,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...