29 Mei Disetujui Pemerintah Malaysia Sebagai Hari Wartawan Nasional

KUALA LUMPUR — Pemerintah Malaysia mengumumkan persetujuannya untuk melanjutkan setiap 29 Mei sebagai momen peringatan Hari Wartawan Nasional (Hawana) yang pertama kali diperingati pada 2018.

“Pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada program-program yang sesuai untuk dilaksanakan,” ujar Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yakoob saat memberikan sambutan Malam Wartawan Malaysia 2021 yang diselenggarakan Institut Media Malaysia (MPI) di Kuala Lumpur, Selasa.

Ismail menyampaikan selamat kepada MPI karena meneruskan tradisi menyambut Malam Wartawan Malaysia yang sudah dimulai sejak 40 tahun lalu untuk menghargai sumbangan media dan para wartawan negara memiliki karya terpilih, berkualitas dan terbaik.

“Saya mengucapkan terima kasih atas sumbangan dalam bidang kewartawanan. Kepada mereka yang menerima anugerah, saya menyampaikan ucapan selamat,” katanya.

Ismail menyadari tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan media pada saat ini.

“Banyak perusahaan media berhadapan dengan teknologi komunikasi terbaru. Jaringan internet dan media sosial telah menyaingi media tradisional sehingga dapat mewarnai semua perkara, termasuk media dan politik,” katanya.

Keadaan tersebut, ujar dia, menyebabkan banyak organisasi media yang tidak mampu bertahan malah ada yang terpaksa ditutup karena penjualan surat kabar dan iklan yang semakin merosot.

“Namun saya percaya, media tradisional masih mempunyai tempat dan relevan walaupun menghadapi kehadiran media baru yang bisa diakses melalui gadget, komputer, tablet hingga telepon pintar,” katanya.

Dia mengatakan wartawan adalah pahlawan karena ketika negara dan dunia diserang COVID-19 para wartawan berjuang menyediakan informasi berkaitan pandemi ini.

Lihat juga...