60 Pelajar Ikuti Lomba Lukis Ornamen Flora Khas Barito Utara

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat menggelar lomba lukis ornamen flora atau tumbuh-tumbuhan khas daerah itu diikuti 60 peserta pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA serta peserta umum.

“Kegiatan lomba merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dalam rangka mengapresiasi para seniman dan pengiat kesenian di daerah ini,” kata Kepala Dinas Budparpora Barito Utara, Annisa Cahyawati saat membuka kegiatan di Muara Teweh, Minggu.

Menurut dia, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi pariwisata daerah yang efektif. Di mana sebagai alat untuk menggali potensi bagi para seniman dari setiap kalangan, khususnya dalam seni lukis ornamen kebudayaan khss Barito Utara yang bertemakan flora atau tumbuh-tumbuhan.

Lomba lukis ini juga adalah sarana pelestarian kebudayaan khususnya seni budaya melukis ornamen, sehingga nantinya seni budaya lukis ornamen ini tetap terus bisa lestari hingga sekarang, meskipun ditengah-tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Lomba lukis ini juga dimaksudkan dalam rangka mengapresiasi para seniman dan pengiat kesenian di daerah ini khususnya seni budaya ornamen di Barito Utara,” katanya.

Dia mengatakan, nantinya hasil dari karya lukis ini akan dikelola Pemkab Barito Utara melalui Dinas Budparpora dan akan di-share pada channel youtube, instagram dan facebook sebagai sarana dan media promosi untuk mempercantik tiga objek wisata unggulan yang ada di daerah ini.

“Hasil dari karya lukis ornamen ini nantinya akan kita pajang di tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini. Hal ini sebagai wujud dan penghargaan kami kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini,” kata dia.

Annisa juga meminta kepada dewan juri agar dalam penilaian hasil karya lomba lukis ornamen ini bisa melakukan penilaian seobyektif, seselektif mungkin, sehingga nanti akan menghasilkan lukisan ornamen yang terbaik.

Ia juga meminta kepada semua yang hadir untuk ikut berperan aktif untuk melestarikan seni budaya Kabupaten Barito Utara khususnya lukis ornamen.

“Lomba lukis ini mengambil tema flora yaitu tumbuh-tumbuhan khas kabupaten Barito Utara. Dan mudah-mudahan kegiatan ini membawa berkah, mendatangkan hikmah tersendiri bagi kita semua dan bagi Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Annisa berpesan kepada seluruh peserta yang masih belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemenang atau juara jangan sampai berhenti sampai disini (patah semangat), tetap semangat untuk terus berkarya.

“Kepada peserta yang nantinya mendapat kesempatan menjadi pemenang jangan merasa puas, bahwa ini merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan di masa akan datang. Terus lah bersemangat, teruslah berprestasi, teruslah berkarya sesuai bakat dan minat masing-masing meskipun di tengah kondisi seperti ini,” ujar Annisa. (Ant)

Lihat juga...