77 Rumah Warga di Bangka Selatan Terendam Banjir

TOBOALI, BABEL — Sebanyak 77 rumah warga di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terendam banjir, menyusul hujan dengan intensitas tinggi daerah itu.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada BPBD Kabupaten Bangka Selatan, Agus Alvando mengatakan data sementara tercatat 77 rumah warga di Desa Rajik terendam banjir hingga mencapai lutut orang dewasa.

“Hujan melanda dari pagi hingga sore dan terjadinya air laut pasang, memicu banjir yang merendam sejumlah rumah warga,” ujarnya di Toboali, Rabu (10/11/2021).

Menurut Agus Alvando kejadian banjir di Desa Rajik berada di daerah pesisir laut tepatnya di Dusun II RT06/RW 07 dengan ketinggian air bervariasi hingga selutut orang dewasa.

“Ketinggian air bervariasi,untuk daerah rendah mencapai 50 hingga 60 centimeter namun di daerah yang tidak ada cekungan ketinggian air hanya beberapa centimeter,” katanya.

Agus mengatakan Tim Penanggulangan Bencana saat ini masih berada di lokasi sambil membantu warga yang terdampak bencana banjir ini.

“Tim masih siaga di lokasi sambil melakukan penyedotan air menggunakan pompa air untuk mengurangi genangan air karena hujan sudah mulai reda,” katanya.

Kepala Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba, Jupri mengatakan selain mendata warga yang terkena bencana banjir di pesisir pantai pihaknya juga akan menyalurkan bantuan.

“Untuk meringankan beban warga yang mengalami kebanjiran kita akan salurkan bantuan,alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...