Aceh Barat Bangun Tugu Kongres Santri Pancasila

JAKARTA – Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, mengatakan dirinya akan membangun Tugu Kongres Santri Pancasila pertama di Tanah Air yang berlokasi di depan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

“Insyaallah, jika tidak ada kendala, tugu ini akan kita bangun mulai tahun 2022,” kata Ramli MS di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Ia mengatakan, pembangunan tugu tersebut bertujuan untuk memperingati momen bersejarah di Aceh, bahwa santri dan ulama Aceh telah menggelar Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia.

Tugu ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali sejarah kepada masyarakat Aceh dan rakyat Indonesia, bahwa Pancasila dan Bangsa Indonesia lahir dari tangan dan perjuangan para ulama, santri, dan rakyat dalam membela serta memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, tugu yang dibangun atas inisiatif H Ramli MS itu untuk membuktikan kepada masyarakat dan Pemerintah Republik Indonesia, bahwa rakyat Aceh sangat mencintai Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga saat ini.

“Pembangunan tugu ini membuktikan, bahwa pembumian Pancasila di Indonesia dimulai dari Aceh sampai Papua,” kata Ramli MS.

Ramli MS mengatakan, Tugu Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia tersebut dirancang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, tugu tersebut nantinya berukuran setinggi delapan meter dengan lambang Burung Garuda di bagian atas dan ditopang lima pilar (tiang).

Pada masing-masing pilar, terdapat masing-masing sila yang terdapat di dalam Pancasila dengan aneka warna. Kemudian pada bagian atas di bawah Burung Garuda  akan dipasang foto para ulama Aceh. Di bawah Burung Garuda dan di atas tugu akan dipasang foto para ulama Aceh, kata Ramli MS.

Sedangkan di bagian depan tugu, akan dipasang logo Kabupaten Aceh Barat dengan diapit dua senjata tradisional khas Aceh Barat, yakni rencong, katanya. (Ant)

Lihat juga...