Ada 43 Titik Panas Terpantau di Kaltim

BALIKPAPAN – Jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), berdasarkan pantauan Stasiun Meteorologi Kelas I (SAMS) Sepinggan Balikpapan, pada Senin (1/11/2021) pukul 01.00 sampai 17.00 Wita, terdeteksi sebanyak 43 titik panas. Hotspot tersebut tersebar di sejumlah kabupaten dan kota.

“Rincian dari 43 hotspot tersebut adalah di Kabupaten Berau terdapat delapan hotspot yang tersebar di dua kecamatan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan, Diyan Novrida, Senin (1/11/2021).
Sebaran hotspot di Berau tersebut ada di Kecamatan Biatan dua titik, kemudian di Kecamatan Talisayan ada enam, titik yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Kemudian di Kabupaten Paser ada satu hotspot yaitu di Kecamatan Batu Engau. Di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ada satu hotspot, yakni di Kecamatan Babulu, dengan tingkat kepercayaan menengah.
Pantauan semua titik panas tersebut langsung disampaikan kepada pihak terkait di kabupaten dan kota, untuk melakukan tindakan lebih lanjut, mulai dari pengecekan hingga penanganannya. Seperti hotspot yang terpantau di Babulu, pihak terkait yang dikomandoi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU langsung berkoordinasi untuk penanganan.
Hotspot berikutnya terpantau di Kota Bontang ada dua titik, yang keduanya berada di Kecamatan Bontang Selatan, kemudian di Kabupaten Kutai Barat merupakan hotspot terbanyak, yakni mencapai 14 titik yang tersebar pada sembilan kecamatan. Rinciannya, di Kecamatan Barong Tongkok ada empat titik, Kecamatan Bongan satu titik, Kecamatan Damai dua titik, Kecamatan Dilang Puti satu titik, Linggang Bigung satu titik, Long Iram satu titik, Melak satu titik, Muara Lawa dua titik, dan Kecamatan Siluq Ngurai tiga titik hotspot.
Selanjutnya adalah di Kabupaten Kutai Kartanegara ada sembilan titikhotspot, dengan rincian di Kecamatan Kenohan dua titik, Kecamatan Loa Janan empat titik, dan di Kecamatan Marangkayu terpantau tiga titik panas. “Kemudian di Kabupaten Kutai Timur ada delapan hotspot, yakni di Kecamatan Busang dua titik, Kecamatan Kaubun dua titik, Kecamatan Sangatta Selatan dua titik, dan Kecamatan Sangatta Utara dua titik,” rincinya. (Ant)
Lihat juga...