Antisipasi Banjir, Sudin SDA Jakarta Selatan Siagakan Pompa Air

JAKARTA – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan menyiagakan satu unit pompa untuk mengantisipasi banjir di Jalan Swadarma Raya, Ulujami, Pesanggrahan.

“Sudin menyediakan pompa di lokasi, tali-tali arah yang langsung ke saluran penghubung (PHB) ditutup,” kata Kepala Sudin SDA Jakarta Selatan Mustajab saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Sedikitnya enam personel dari satuan tugas Sudin SDA Jakarta Selatan disiagakan untuk mempercepat aliran air di lokasi tersebut bila banjir terjadi lagi.

“Kami siagakan satgas enam orang dan satu unit pompa mobil di lokasi sewaktu-waktu terjadi genangan segera ditangani,” katanya.

Sementara itu, petugas Sudin SDA Pesanggrahan Agus Solahuddin saat ditemui di lokasi, mengatakan pompa air tersebut disiagakan lantaran wilayah Swadarma Raya selalu tergenang dalam sepekan terakhir.

Dengan kapasitas 400 liter per detik, pompa mobil tersebut diharapkan mampu mengurai genangan banjir dalam waktu cepat bila curah hujan tinggi.

“Kemudian tali-tali air, kita berusaha dari SDA nanti akan kita telusuri barangkali ada yang bocor. Mudahan-mudahan kita bisa selesaikan untuk wilayah ini,” katanya.

Sebelumnya Jalan Swadarma Raya Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan tergenang air dengan ketinggian mencapai 50 cm setelah hujan deras pada Kamis sore.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pada pukul 19.45 WIB, arus lalu lintas terganggu lantaran tingginya genangan air di jalan tersebut .

Agus mengatakan, genangan itu terjadi sejak pukul 16.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu.

“Kami sudah menurunkan pompa mobil tapi airnya makin naik, makanya kita amankan agar tidak rusak,” kata Agus yang juga petugas di Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) itu.

Menurut dia, genangan air makin meningkat karena aliran air dari saluran penghubung (PHB) Swadarma Raya.

Akibat genangan itu, sejumlah motor tampak mogok di jalanan sehingga pengemudi terpaksa mendorong kendaraannya. Genangan itu pun baru surut sekitar pukul 20.30 WIB setelah curah hujan mereda dan satuan SDA mengerahkan satu unit pompa air.  (Ant)

Lihat juga...