AS Bangun Gedung Kantor Konsulat di Medan

MEDAN – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menginvestasikan sekitar 250 juta dolar AS untuk membangun gedung kantor baru Konsulat AS di Medan, sebagai wujud nyata memperkuat kemitraan AS dan Indonesia di Sumatra.

“Gedung Konsulat AS yang akan dibangun segera, bukan sekadar kantor yang baru bagi AS, melainkan simbol komitmen hubungan baik AS dengan Indonesia, terutama di Sumatra,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y Kim, di Medan, Rabu (17/11/2021).

Dia mengatakan itu usai “soft launching” pembangunan Gedung Konsulat AS tersebut, di kawasan Polonia Medan, Jalan Mongonsidi yang dihadiri pejabat Pemprov Sumut, Pemkot Medan, dan lainnya.

Pembangunan gedung konsulat itu diharapkan dapat selesai dalam waktu tiga hingga empat tahun.

Didampingi Konsul AS untuk Sumatra, Gordon Church, Sung Y Kim menegaskan pembangun Gedung Konsulat AS di Medan itu untuk membangun hubungan yang semakin dekat dan kuat dengan Indonesia

Dia menyebutkan, Pemerintah AS terus berkomitmen meningkatkan hubungan baik dan kerja sama dalam berbagai bidang, mulai ekonomi, investasi, pendidikan, dan kesehatan.

Apalagi, ujar dia, saat ini pandemi Covid-19 yang melanda global agar bisa dihadapi bersama-sama.

Dia memuji keberhasilan vaksinasi Covid-19 di Kota Medan dan Sumut.

Pemerintah AS, ujar Sung Y Kim, juga bangga bisa memberi dan menyalurkan sekitar 13 juta vaksin ke Indonesia dan termasuk memberikan 10 ribu ventilator Covid-19 untuk Sumut.

“Ke depan, AS akan lebih banyak menyumbang vaksin lagi dan termasuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia,” katanya.

Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church menyebutkan, dukungan kuat dari Pemerintah Provinsi Sumut, Pemerintah Kota Medan, dan seluruh jajaran dalam proses pembelian lahan dan persiapan pembangunan gedung sangat diapresiasi.

“Pemerintah AS terus berharap bisa meningkatkan kerja sama dengan Indonesia khususnya Sumatera,” ujarnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, diwakili Wakil Wali Kota, Aulia Rachman, menyebutkan Pemkot Medan mendukung penuh pembangunan Kantor Konsulat AS di Medan.

Pemkot Medan, katanya, berharap Kantor Konsulat AS itu juga menjadi ruang hijau di Kota Medan.

“Pak Wali Kota Medan minta semua terkait mendukung penuh pembangunan Gedung Kantor Konsulat AS itu dengan memperlancar semua urusan terkait pembangunan gedung itu,” katanya.

Dukungan penuh sebagai wujud hubungan baik antara Indonesia dan AS. “Dukungan kuat untuk menjaga marwah Indonesia di mata dunia,” ujar Aulia. (Ant)

Lihat juga...