Banyumas Kejar Target Vaksinasi 70 Persen untuk Turun ke Level 1

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Setelah kasus positif Covid-19 terus mengalami penurunan, saat ini Kabupaten Banyumas tengah menggencarkan program vaksinasi untuk bisa mencapai target 70 persen dalam bulan November ini. Hal tersebut terkait syarat turun level ke level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyampaikan, memasuki minggu pertama November ini, vaksinasi di Kabupaten Banyumas sudah mencapai 64,2 persen. Sehingga masih harus mengejar target sampai dengan enam persen dalam bulan ini.

“Saat ini, meskipun angka positif Covid-19 kita terus mengalami penurunan, namun program vaksinasi kita belum mencapai 70 persen, sehingga status kita masih level 2, belum bisa turun level,” katanya, Jumat (5/11/2021).

Bupati berharap, masyarakat lebih pro aktif untuk mendaftarkan diri dan mengikuti program vaksinasi. Sebab, saat ini ada kecenderungan animo masyarakat untuk vaksin mulai menurun. Sementara capaian vaksinasi menjadi salah satu syarat untuk penurunan level PPKM.

“Jika ingin kondisi ekonomi lebih cepat pulih di Banyumas dan lebih leluasa untuk melakukan aktivitas, maka ayo segera vaksin bagi yang belum. Saat ini memang kondisi sudah berangsur normal, tempat wisata, pusat perbelanjaan, rumah makan dan lainnya sudah kembali beroperasi, namun masih ada pembatasan tertentu,” jelas Bupati.

Selain animo vaksinasi yang mulai menurun, Husein juga menyoroti penerapan protokol kesehatan di masyarakat yang juga ada kecenderungan mengendor. Mulai sering dijumpai masyarakat yang beraktivitas di luar dan tidak menggunakan masker, atau jika menggunakan masker juga tidak dipakai sebagaimana seharusnya, hanya dikalungkan di leher saja.

Husein mengaku sangat menyayangkan hal tersebut, sebab penerapan protokol kesehatan, yaitu mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sampai dengan saat ini masih harus terus dilakukan. Mengingat berbagai kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk munculnya gelombang ketiga Covid-19, terlebih mendekati akhir tahun yang biasa identik dengan libur panjang.

Sementara itu, terkait pencapaian vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto menuturkan, syarat untuk turun ke level 1, cakupan vaksinasi secara umum untuk dosis 1 harus mencapai minimal 70 persen dan vaksin di kalangan lansia minimal 60 persen.

Sedangkan kondisi Banyumas saat ini, untuk vaksinasi kalangan lansia sudah mencapai 71 persen. Sehingga yang perlu digenjot sekarang adalah capaian vaksinasi secara umum.

“Untuk lansia kita sudah mencapai 71 persen dan vaksin di kalangan pelajar bahkan sudah lebih tinggi, yaitu sudah sampai 73,3 persen, jadi yang masih belum mencapai 70 persen adalah vaksinasi pada kalangan masyarakat umum,” terangnya.

Lihat juga...