Beri Motivasi Peternak, Pemkab Temanggung Gelar Kontes Kambing PE

Seorang juri melakukan penilaian pada kontes kambing peranakan etawa (PE) di Temanggung – foto Ant

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan, menyelenggarakan kontes kambing Peranakan Etawa (PE). Kegiatan tersebut untuk memotivasi para peternak di wilayah itu, agar bisa dan mau mengembangkan kambing PE .

“Kambing PE ini sangat potensial untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Temanggung. Mari bersama-sama mengembangkan kambing PE,” kata Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, saat membuka kontes kambing PE di halaman GOR Bambu Runcing di Temanggung, Minggu (31/10/2021).

Heri berharap, ke depan dengan kambing yang ada, bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Temanggung. Jadi tidak hanya mengandalkan sektor pertanian, tetapi juga mengembangkan sektor peternakan.

Selama ini, Temanggung disebutnya, hanya mengembangkan ternak sapi, domba, dan kambing biasa. Melalui kompetisi ini, akan membuka cakrawala para petani dan peternak, untuk mengembangkan potensi kambing PE. Para peternak Temanggung bisa belajar bagaimana cara mengembangkan Kambing PE, memberi pakan, cara memelihara, dan kegiatan lainnya.

Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, yang juga menjadi inisiator kontes kambing PE menuturkan, kompetisi tersebut digelar untuk mengedukasi peternak kambing. Agar bisa belajar bagaimana cara memelihara, pemilihan bibit, mempelajari genetik, cara pemasaran, kemudian penyesuaian dengan pangsa pasarnya, termasuk trend kompetisi.

“Sehingga peternak memiliki trend yang benar-benar terbuka. Harapannya edukasi ini betul-betul dirasakan oleh para peternak di Kabupaten Temanggung pada khsusunya, agar mindset ke depan supaya lebih mengetahui arah pangsa yang lebih baik, menguntungkan dan bermanfaat untuk perekonomian kerakyatan,” tandasnya.

Yunianto menyebut, potensi PE di Temanggung sangat luar biasa. Hijauan (pakan) tersedia berlimpah di alam, sehingga peternak bisa berhemat dari sisi biaya pakan. Bahkan di Temanggung banyak gulma yang bisa dimanfaatkan untuk pakan.

Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto menyebut, sebanyak 500 ekor kambing PE mengikuti kompetisi yang digelar untuk tingkat nasional tersebut. Peserta berasal dari Temanggung maupun luar daerah.

Open PE Kontes Nasional pelaksananya adalah Dinkopdag Kabupaten Temanggung, bekerja sama dengan CV Danenda didukung komunitas pecinta kambing PE Temanggung. “Kelas kontes terdiri atas kelas A, B, C, D, E. Jurinya profesional pernah menjadi juri kontes peranakan etawa piala Presiden. Tujuan kontes ini untuk lebih mengenalkan ternak PE, karena wilayah Kabupaten Temanggung masuk daerah potensial untuk pengembangan PE yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...