Brazil Lolos ke Piala Dunia 2022

JAKARTA — Brazil pada Kamis waktu setempat mengalahkan Kolombia 1-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Sao Paulo untuk menjadi tim Amerika Selatan pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia di Qatar.

Lucas Paqueta mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-72 lewat tendangan yang sebenarnya bisa dijangkau tangan David Ospina tetapi kiper ini tak bisa menghentikan bola bergulir masuk gawangnya.

Hasil ini membuat Brazil memuncaki klasemen grup 10 tim Amerika Selatan dengan 34 poin dari 12 pertandingan atau sembilan poin di atas Argentina yang menduduki posisi kedua.

Empat tim teratas zona ini lolos otomatis ke Qatar 2022, sedangkan tim peringkat kelima masuk playoff antar-kawasan.

“Kolombia kadang-kadang bermain amat ketat sehingga kami mesti mengerahkan semua hal yang kami miliki,” kata bek Brazil Marquinhos mengenai performa bagus timnya pada 45 menit kedua.

Kemenangan itu memperpanjang menang kandang berturut-turut Brazil menjadi 11 kemenangan yang merupakan rekor di Amerika Selatan. Selain itu laga ini juga menjadi pertandingan kualifikasi kandang ke-10 berturut-turut tanpa kebobolan satu gol pun.

Siapa pendamping Brazil ke Qatar masih menjadi pertanyaan setelah hasil pertandingan Kamis atau Jumat siang WIB tadi membuat hampir semua tim lain yakin bisa mendampingi Brazil.

Pada hari yang sama, gol bunuh diri oleh kiper Antony Silva membuat manajer baru Paraguay Guillermo Barros Schelotto mengawali kiprahnya dengan kekalahan kandang melawan Chile.

Silva menepis sepak pojok dari Alexis Sanchez yang malah masuk ke gawang sendiri pada menit ke-56.

Sementara itu Ekuador tetap menduduki tempat ketiga berkat kemenangan kandang 1-0 atas Venezuela.

Piero Hincapie mencetak gol semata wayang dalam pertandingan itu empat menit sebelum turun minum yang membuat tuan rumah mengumpulkan 20 poin atau lima poin di belakang Argentina.

Peru memelihara asa Piala Dunia 2022 setelah menggasak Bolivia 3-0 di Lima yang ketiga golnya tercipta pada babak pertama dari Sergio Pena, Christian Cueva dan Gianluca Lapadula sehingga Peru kini mengoleksi 14 poin atau dua poin di bawah Chile, Kolombia, dan Ekuador.

Sedangkan Bolivia dan Paraguay berselisih dua poin di bawah Peru, sementara Venezuela menjadi juru kunci dengan tujuh poin, demikian laporan Reuters. (Ant)

Lihat juga...