Bus Trans Banyumas Segera Dioperasikan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie. -Ant

PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui Dinas Perhubungan setempat segera mengoperasikan bus Trans Banyumas yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan lewat program buy the service (BTS).

“Rencananya akan diluncurkan pada awal Desember. Kementerian Perhubungan punya program buy the service (BTS), beli layanan. Jadi, bantuan yang diberikan kepada pemerintah daerah bukan anggaran, tapi dalam bentuk layanan kepada masyarakat dan di Banyumas program BTS ini dinamakan Trans Banyumas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (19/11/2021).

Ia mengakui, peluncuran Trans Banyumas tersebut sempat direncanakan pada Juli 2021, namun ditunda hingga Desember 2021 karena lelang pengadaan busnya mundur dari perencanaan.

Karena lelangnya mundur, kata dia, berdampak pada perakitan armada yang membutuhkan waktu paling tidak dua hingga tiga bulan.

“Pekan ke tiga November ini kelihatannya sudah ada yang jadi, sehingga persiapan-persiapan administrasi, pembekalan pengemudi akan kami laksanakan minggu depan,” katanya.

Ia mengatakan, jumlah armada Trans Banyumas yang akan disiapkan sebanyak 52 unit, namun yang dioperasikan hanya 46 bus, sedangkan enam bus lainnya sebagai cadangan.

Menurut dia, armada tersebut sementara ini hanya melayani tiga dari enam koridor yang direncanakan sebelumnya.

“Kami semula mengusulkan enam koridor, namun karena anggaran pendukung operasional dari Kementerian Perhubungan dikurangi, akhirnya jumlah koridornya dikurangi. Bahkan, beberapa rute juga dikurangi, seperti rute yang direncanakan sebelumnya Ajibarang-Kebondalem dipangkas menjadi Ajibarang-Pasar Pon serta rute Baturraden-Banyumas dipangkas menjadi Baturraden-Patikraja,” katanya, menjelaskan.

Lihat juga...