Cegah Kali Lamong Meluap, Maksimalkan Pembuatan Tanggul

SURABAYA  – Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Kota Surabaya membuat tanggul di daerah Morowudi dan area Jembatan Boboh, Kabupaten Gresik, dalam upaya mencegah air Kali Lamong meluap.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan bahwa dinas sejak Sabtu (6/11) sore mengerahkan petugas untuk mengeruk sedimen Kali Lamong di Morowudi serta membuat tanggul di daerah itu.

“Kami keruk endapan, sedimennya, untuk dijadikan tanggul. Selain itu, kami juga fokus untuk menangani terowongan di bawah jembatan supaya bisa dialiri air,” kata Erna di Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Erna mengatakan bahwa Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstruksikan kepada dinas untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gresik, yang bagian wilayahnya kebanjiran luapan air Kali Lamong.

Menurut dia, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Kota Surabaya mengirimkan dua alat berat dan 10 personel untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gresik mengatasi banjir.

“Dua alat berat itu kami turunkan ke Kali Lamong, karena memang pada saat itu endapannya sudah mengeras. Kami keruk endapan itu dan kami bikinkan tanggul di pinggirnya,” kata Erna.

Selain mengeruk endapan kali dan membangun tanggul, ia mengatakan, petugas Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Kota Surabaya juga membantu menangani saluran air yang tersumbat.

“Di bawah Jembatan Boboh itu kan ada dua pilar dengan dua terowongan. Nah, salah satu terowongan ini kering. Air juga tidak bisa mengalir ke sana, mungkin karena tersumbat, dan bisa jadi ini juga penyebab banjir hingga menyebabkan airnya meluap,” ujarnya.

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan Kota Surabaya, ia melanjutkan, akan membantu mengatasi masalah tersebut agar air Kali Lamong di sekitar Jembatan Boboh tidak meluap lagi. (Ant)

Lihat juga...