Cukur Besiktas 4-0, Sporting Jaga Asa 16 Besar

JAKARTA — Sporting CP menjaga asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mencukur Besiktas 4-0 dalam pertandingan Grup C di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Sporting kini mengoleksi enam poin meskipun masih menduduki posisi ketiga klasemen Grup C karena kalah head-to-head dari Borussia Dortmund yang berpoin sama.

Sedangkan, Besiktas yang sampai saat ini masih nol poin kian lekat dengan posisi juru kunci klasemen dan dipastikan tak berpeluang lolos ke 16 besar.

Kemenangan Sporting kali ini disokong dua gol Pedro Goncalves yang diikuti gol-gol Paulinho dan Pablo Sarabia, demikian laman UEFA.

Paulinho nyaris membawa Sporting memimpin saat laga memasuki menit kesembilan ketika menyelesaikan umpan Sarabia tetapi bola menghantam mistar gawang.

Tim tamu balik mengancam lewat Cyle Larin yang berusaha menyambar bola liar hasil umpan Necip Uysal, tetapi tembakannya ditepis oleh kiper Antonio Adan.

Pada menit ke-31, Goncalves membuka keunggulan Sporting lewat eksekusi penaltinya setelah dia dijatuhkan oleh Ridvan Yilmaz di dalam area terlarang.

Pemain yang akrab disapa Pote itu kemudian mencetak gol keduanya tujuh menit kemudian untuk menggandakan keunggulan tuan rumah lewat aksinya yang memperdaya Yilmaz sebelum melepaskan tembakan melengkung ke pojok kanan atas gawang Besiktas.

Sporting menambah lagi marjin keunggulannya empat menit sebelum turun minum saat Paulinho mengakhiri tusukannya dengan sepakan kaki kiri yang gagal dihentikan kiper Ersin Destanoglu.

Keunggulan 3-0 tak mengendurkan serangan Sporting saat memasuki babak kedua dan mereka menambah satu gol lagi pada menit ke-56 lewat gol Sarabia.

Pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain itu berada pada posisi tepat untuk memotong bola sapuan Welinton untuk menceploskannya ke gawang yang tak berpenghuni karena Destanoglu sudah terjatuh mengantisipasi situasi serangan sebelumnya.

Besiktas berusaha keras mencetak gol balasan tapi upaya Rachid Ghezzal dan Kenan Karaman tidak menemui sasaran.

Klub Turki itu malahan harus menutup laga dengan sepuluh pemain lantaran gelandang Josef de Souza menerima kartu kuning kedua tepat pada menit-menit terakhir.

Sporting selanjutnya menjamu Dortmund di Jose Alvalade dua pekan lagi yang praktis menjadi laga perebutan posisi runner-up Grup B.

Sementara Besiktas bakal mengais asa untuk bisa finis urutan ketiga dan mendapat tiket Liga Europa saat menjamu Ajax pada saat yang sama. [Ant]

Lihat juga...