Dermaga Kapal Ro-ro di Pulau Lepar Pongok Segera Dibangun

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan -Ant

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun dermaga kapal ro-ro di Pulau Lepar dan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

“Insyaallah tahun depan kita membuka isolasi transportasi di Pulau Lepar dan Pongok ini,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, di Pangkalpinang, Rabu (10/11/2021).

Ia mengatakan, dermaga kapal ro-ro di Pulau Lepar dan Pongok ini akan langsung menghubungkan Pulau Bangka, Selat Nasik dan Pulau Belitung, sehingga roda ekonomi masyarakat dapat makin meningkat, dan akan mempengaruhi jumlah pangsa pasar.

“Dengan adanya dermaga ini, maka pelayanan kapal ro-ro bisa dilaksanakan, distribusi logistik kita lebih bagus,” ujarnya.

Menurut dia, tantangan ke depan tinggal bisa tidak SDM di Kepulauan Pongok ini menangkap peluang itu. Apa peluangnya, bermacam, yang pasti hulu harus dihilirisasikan.

“Para siswa sekolah menengah kejuruan, guru, maupun masyarakat luas di pulau ini, harus mampu menangkap peluang bisnis yang ada dengan pemanfaatan produk hasil laut mulai dari hulu hingga hilir,” katanya.

Karena itu, sektor pendidikan juga akan berperan. Guru di SMKN 1 Pulau Pongok ini dituntut untuk inovatif dan kreatif dalam memberikan ilmu entrepreneur kepada para siswanya, bagaimana memaksimalkan potensi yang ada di daerah mereka sendiri.

“Jangan nanti orang datang ke sini hanya lihat-lihat, tetapi kita tidak mengelolanya karena tidak mampu, karena guru tidak pernah mengajarnya. Akademik menjadi sarana untuk berpikir apa yang dibutuhkan untuk dunia industri, kalau dunia akademik tahu akan itu, tidak akan ada pengangguran,” katanya. (Ant)

Lihat juga...