Dikalahkan Tuan Rumah, Indonesia Gagal Kunci Tiket Semifinal FIBA Asia Putri

Point guard tim nasional bola basket putri Indonesia, Agustin Gradita Retong, menyampaikan terima kasih kepada suporter seusai dikalahkan tuan rumah Yordania dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B di Amman, Yordania, Senin (8/11/2021) waktu setempat - foto Ant  
JAKARTA – Tim nasional bola basket putri Indonesia, gagal mengunci satu tempat di babak semifinal Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B, seusai dikalahkan tuan rumah, Yordania, dengan skor 64-76, dalam lanjutan Grup B di Amman, Yordania, Senin (8/11/2021) waktu setempat atau Selasa (9/11/2021) dinihari WIB.

Kekalahan itu memang belum mengganggu posisi Indonesia di puncak klasemen sementara Grup B, tetapi perolehan tiga poin yang dimilki, bisa disalip oleh Yordania (2) yang masih memiliki satu pertandingan penyisihan melawan Kazakhstan, yang masih belum digelar.

Pemimpin klasemen akhir masing-masing grup, akan otomatis lolos ke semifinal. Sedangkan dua tiket semifinal akan diperebutkan dengan mempertemukan tim urutan kedua dan ketiga secara menyilang, dari kedua grup. Para pemain Indonesia patut kecewa atas penampilan melawan tuan rumah, sebab mereka hanya mampu mengkonversi 24 dari 67 percobaan atau tingkat akurasi 35 persen tembakan terbuka.

Mengetahui Kimberley Pierre-Louis jadi pemain kunci Indonesia saat mengalahkan Kazakhstan, Yordania sukses membatasi ruang gerak pebasket naturalisasi kelahiran Kanada itu. Kimberley hanya diizinkan mencetak 13 poin di pertandingan kali ini, kontribusinya menurun dibandingkan 31 poin sehari kemarin.

Pasokan angka utama Indonesia datang dari, Kadek Pratita Citta Dewi, yang mengemas 17 poin, setelah pemain asal Bali itu mampu mengkonversi tiga dari tujuh percobaan tripoin, jauh di atas rata-rata konversi timnya yang cuma mencapai 21 persen. Selain sukses meredam, Kimberley, Yordania juga tampil lebih efisien dalam memanfaatkan peluang-peluang tembakan terbuka mereka, dengan tingkat akurasi 47 persen serta 54 persen untuk tripoin.

Di kubu Yordania, terdapat Natasha Cloud, yang memperkuat klub liga bola basket putri Amerika (WNBA) Washington Mystics. Cloud, menjadi satu dari dua penyumbang angka terbanyak Yordania dengan 19 poin bersama Marya Al Hinn. Dalam pertandingan lain yang dimainkan lebih awal, Suriah sukses menundukkan Iran 78-71 di Grup A, untuk mengambil alih puncak klasemen dari tangan Lebanon. Pada Selasa (9/11/2021) malam nanti, di Grup A akan berlangsung pertandingan Suriah melawan Lebanon diikuti laga Yordania kontra Kazakhstan di Grup B. (Ant)

Lihat juga...