Distan Sikka Bantu Salurkan Alsintan

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang tersebar di berbagai wilayah.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Kristianus Amstrong menjelaskan penyaluran berbagai bantuan.

“Kami sudah salurkan beberapa Alsintan untuk pasca-panen bagi beberapa kelompok tani yang mengajukan proposal bantuan,” sebut Amstrong saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Senin (15/11/2021).

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Distan Sikka. Kristianus Amstrong saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Senin (15/11/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Amstrong mengatakan, bulan Juli 2021 pihaknya telah menyalurkan bantuan 2 buah mesin perontok padi yang berasal dari dana APBN. Selain itu tambahnya, ada bantuan mesin pemipil jagung yang berasal dari dana Pokok Pikiran (Pokir) DPR RI sebanyak 12 unit dan 3 unit dari dana APBN murni.

Lanjutnya, ada juga bantuan untuk pengembangan hortikultura berupa cabai kawasan seluas 15 hektare yang tersebar di 6 kelompok tani. “Ada juga satu paket bantuan pengembangan cabai bagi satu kelompok tani yang dananya bersumber dari Pokir DPR RI,” terangnya.

Amstrong memaparkan, untuk proses produksi ada bantuan untuk rumah pengolahan keripik pisang yang dananya bersumber dari APBN Tugas Pembantuan (TP) Provinsi NTT.

Sambungnya, terdapat pula bantuan bagi rumah pengolahan pangan untuk emping dan tepung jagung yang sumber dananya pun berasal dari APBN TP Provinsi NTT.

Sementara itu, Kristianus Dalu Soge, petani cabai di Desa Nebe, Kecamatan Talibura mengharapkan agar bantuan yang disalurkan kepada kelompok tani hendaknya dipergunakan sebaik mungkin.

Kris sapaannya mengatakan, dirinya pun sedang mengumpulkan anak-anak muda agar bisa terjun bertani dan membentuk kelompok tani agar bisa mengakses bantuan dari pemerintah.

“Saya sedang mengumpulkan anak-anak muda yang bertani dan membentuk kelompok tani. Kita bisa mengakses bantuan dari pemerintah maupun mendapatkan pendampingan terkait pengembangan tanaman hortikultura,” ujarnya.

Lihat juga...