Dua Siswi Wakili Sumbar di Kompetisi Lomba Sains Nasional

SIMPANG EMPAT – Dua siswi SMPN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Atika Safira dan Stella Marisa, mewakili Provinsi Sumatra Barat pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurut Kepala SMP N 1 Pasaman, Hayatul Muna, melihat data yang ada selama 10 tahun terakhir, belum ada siswa utusan Sumbar yang berhasil lolos ke tingkat nasional, terkhusus dalam bidang sains.

“Ini merupakan sejarah bagi Pasaman Barat, karena ini yang pertama kalinya. Kami sangat bangga atas prestasi luar biasa ini,” ucapnya di Simpang Empat, Kamis (11/11/2021).

Saat ini, kompetisi sedang berlangsung hingga 13 November 2021. Kedua siswi itu berlomba dalam bidang mata pelajaran IPA terpadu di ajang KSN, yang merupakan even tahunan yang digelar Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Disebutkan, prestasi tersebut tidak lepas dari peran serta dan semangat orangtua beserta guru pembimbing yang telah mempersiapkan segala sesuatunya. Kemudian, pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal sehingga bisa menembus level nasional.

“Kita bersyukur dengan potensi yang dimiliki kedua anak ini. Mereka anak hebat di bawah dukungan semangat yang orang tua dan empat orang guru profesional yang ada di SMPN 1 Pasaman,” ujarnya.

Ia menyampaikan, sebagai upaya, bimbingan, pembekalan intensif dan terfokus telah diberikan kepada kedua peserta yang saat ini bertarung di tingkat nasional tersebut. Atika dan Stella didampingi oleh empat orang guru pengasuh olimpiade.

“Dua orang siswa ini ditangani oleh empat orang guru pengasuh olimpiade berpengalaman dan satu orang operator,” ujarnya.

Setelah menerima kemenangan di tingkat provinsi, katanya pihaknya langsung adakan rapat tindak lanjut, mencari referensi untuk memacu anak-anak. Kedua orang tua juga dipanggil untuk dapat melakukan kerja sama selama persiapan.

Ia berharap, kedua siswi utusan SMPN 1 Pasaman tersebut dapat menjadi juara ditingkat nasional, sehingga mampu membawa nama baik SMP N 1 Pasaman, Pasaman Barat dan Sumbar.

“Mudah-mudahan dapat membawa hasil yang maksimal saat pengumuman pemenang tanggal 12 November nanti,” harapnya. (Ant)

Lihat juga...