Enam WN Cina Ditangkap di Waropen Papua Akan Diproses

JAYAPURA – Kantor Imigrasi Biak akan memproses enam warga negara asing (WNA) asal Cina yang ditangkap dan diserahkan Kodim 1709/Yapen Waropen, Papua.

Kepala Kantor Imigrasi Biak, Edward Infaindi, mengatakan keenam WNA asal Cina diserahkan dari Kodim 1709/Yapen Waropen sejak Senin (21/11), dan saat ini sedang dicari penerjemah karena mereka tidak bisa berbahasa Indonesia atau Inggris. Petugas, kata dia akan menginformasikan bila ada perkembangan.

Enam warga Cina ditangkap pada Minggu (21/11), di Kampung Sewa Distrik Wapoga, Kabupaten Waropen. Sebelumnya, Komandan Kodim/1709 Yapen Waropen, Letnan Kolonel Infantri Leon Pangaribuan, mengatakan enam WNA yang ditahan personel Koramil 1709-03/Warbah dipimpin Komandan Pos Koramil Wapoga, Sersan Mayor Dedy Setiawan.

Penangkapan itu berawal dari informasi warga tentang warga negara asing yang sedang menambang emas secara ilegal di kampung Sewa.

Dari informasi itu, personel Kodim 1709/Yapen Waropen ke lapangan dan mendapatkan enam orang WNA asal Cina itu, yang kemudian diperiksa namun mereka tidak dapat menunjukkan tanda pengenal maupun dokumen resmi dari negara asalnya.

“Keenam orang berkebangsaan Cina, yaitu ke Ge Junfeng (48), Lein Feng (37), Yan Gangping (41), Tan Liguo (54), Tan Lihua (58), dan Lu Huacheng (38),” kata Pangaribuan. (Ant)

Lihat juga...