Es Sirup Kelapa Hijau, Kesegaran Sempurna Kala Panas Menyengat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kesegaran kelapa muda hijau masih jadi primadona sebagai minuman, makanan pelepas dahaga. Salah satu jenis kelapa muda yang banyak dipilih berupa kelapa hijau.

Penyajian kelapa hijau menjadi minuman sekaligus makanan dilakukan oleh Danang, warga Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Varian kelapa hijau sebutnya jadi minuman nan menyegarkan.

Danang, penyedia kelapa muda hijau segar di Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung, Sabtu (6/11/2021). Foto: Henk Widi

Danang bilang ia telah berkreasi menyajikan kelapa muda dengan cara dibakar, disajikan segar. Sebagai salah satu alternatif minuman yang disukai saat kondisi cuaca panas ia membuat es sirup kelapa hijau.

Minuman dengan bahan utama daging kelapa hijau, air kelapa hijau, sirup dan es batu disukai konsumen. Proses penyajian es sirup kelapa muda sebutnya cukup mudah bisa dinikmati langsung, dibawa pulang.

Kelapa muda sebut Danang diperoleh dari wilayah Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Bagi pecinta minuman segar, kelapa muda sebutnya bisa disajikan saat kondisi cuaca panas terik.

Kelapa hijau muda yang segar memiliki ciri khas kulit buah mengkilat. Ia menjual kelapa hijau muda dalam kondisi masih menyatu dengan janjang atau tangkai. Saat ada pemesan ia akan memecahnya dengan golok.

“Kelapa muda yang telah dipilih selanjutnya dikupas bagian kulit, dibuat lubang pada bagian atas untuk memudahkan pengerukan daging kelapa muda yang hijau, sajikan masih dengan kulit atau dengan cara dipindahkan dalam gelas memakai susu kental,” terang Danang saat ditemui Cendana News, Sabtu (6/11/2021).

Danang bilang sajian yang dibuat olehnya dari kelapa hijau muda diberi dengan sirup dan es. Setelah kelapa muda dipecah, tahap selanjutnya dikerok bagian daging buahnya. Daging buah kelapa hijau sebutnya memiliki ciri khas warna putih segar.

Saat kondisi masih muda daging buah kelapa hijau menyerupai jelly atau agar agar. Kelapa hijau segar tersebut selanjutnya akan diberi tambahan sirup dan es batu dengan cara diserut.

Kelapa hijau yang telah dikerok sebutnya akan dicampurkan dengan sirup. Danang mengaku memilih jenis sirup pandan dengan warna hijau menyegarkan. Aroma wangi dan segar dari sirup sekaligus menjadi penambah selera minum kelapa muda.

Agar lebih lezat ia juga bisa menambahkan juruh atau kuah gula aren. Penambaha gula aren bertujuan untuk menciptakan sensasi rasa manis alami.

“Sajian es sirup kelapa hijau bisa dihidangkan masih lengkap dengan cangkang atau memakai gelas,” ulasnya.

Minuman es sirup kelapa muda hijau sebut Danang bisa disajikan saat panas terik. Sehari ia mengaku bisa menjual puluhan hingga ratusan butir kelapa muda hijau. Harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp8.000 hingga Rp10.000 per butir.

Es sirup kelapa muda hijau sebutnya digunakan sebagai pelepas dahaga. Saat bulan Ramadan minuman es sirup kelapa muda bisa dipakai untuk menu berbuka puasa. Kesegaran minuman alami kelapa muda juga menyehatkan.

Christeva, warga Bumi Waras, Bandar Lampung salah satu penyuka es sirup kelapa muda mengaku memilih membeli dalam kondisi segar dan dikemas. Minuman es sirup kelapa muda menjadi alternatif untuk melepas dahaga kala panas terik.

Agar lebih nikmat ia memilih menambahkan susu kental dalam minuman es sirup kelapa muda. Sebagai penghilang dehidrasi, air kelapa muda juga mengenyangkan disantap bersama daging kelapa muda.

“Agar lebih lezat saya kerap membeli kelapa hijau utuh lalu dibuat dengan memakai sirup dan es, lebih menyegarkan,” ungkapnya.

Es sirup kelapa muda sebutnya bisa disajikan sendiri dengan cara diserut. Ia membeli kelapa muda hijau untuk dikerok memakai sendok. Selanjutnya air kelapa muda hijau akan ditampung memakai gelas.

Tambahkan daging buah kelapa hijau muda, beri sirup pandan serta es batu. Sajian es sirup kelapa muda tersebut jadi salah satu variasi untuk minuman segar kala panas terik.

Lihat juga...