Event Olahraga di Afsel Dihentikan Karena Varian Virus Corona Baru

JAKARTA — Event-event olahraga di Afrika Selatan akan dihentikan pada Jumat karena deteksi varian virus corona baru, dengan tim-tim rugby berebut untuk pergi sebelum pembatasan perjalanan diberlakukan dan event pertama golf DP World Tour dengan tampilan baru terancam.

Empat tim rugby akan bermain melawan tim Afrika Selatan dalam United Rugby Championship (URC) tetapi klub asal Wales Cardiff dan Scarlets mengatakan mereka ingin pergi saat Inggris bersiap untuk memberlakukan pembatasan perjalanan.

“Dengan situasi di Afrika Selatan yang berubah begitu cepat, kami sekarang ingin memulangkan staf kami secepatnya,” kata Cardiff pada Twitter yang dikutip Reuters, Jumat.

“Untuk keluarga dan teman yang peduli, yakinlah bahwa fokus kami adalah memastikan keselamatan dan kesejahteraan orang-orang kami dan akan terus memperbarui dengan perkembangan apapun kepada Anda.”

Scarlets mengatakan mereka juga berusaha untuk pergi secepat mungkin.

Para pejabat mengatakan kepada Reuters pada Jumat bahwa pertandingan URC akan dibatalkan, yang kemungkinan akan diumumkan nanti.

Cardiff akan bermain melawan Lions di Johannesburg pada hari Minggu sementara Scarlets berada di Durban untuk menghadapi Sharks pada Sabtu.

Tidak ada kabar tentang rencana klub Irlandia Munster, yang akan bertemu Bulls di Pretoria pada Sabtu, atau Zebre Italia, di Cape Town yang akan menghadapi Stormers.

Mereka adalah klub-klub pertama yang tiba di Afrika Selatan sejak awal pandemi dan penundaan pertandingan akan menjadi pukulan besar bagi turnamen yang baru diluncurkan yang melibatkan tim dari Afrika Selatan, Irlandia, Italia, Skotlandia dan Wales itu.

Putaran pertama golf Joburg Open dilanjutkan pada pukul 6 pagi (0400 GMT) pada Jumat setelah badai petir mengakhiri permainan lebih awal pada Kamis.

Putaran kedua teed off pada pukul 7 pagi tetapi pada saat itu 15 pegolf Inggris dan Irlandia telah mengundurkan diri.

Acara tersebut merupakan yang pertama dalam jadwal DP World Tour, yang sebelumnya bernama European Tour.

Pada Jumat, Afrika Selatan akan menjamu Belanda pada seri pertama dari tiga pertandingan seri kriket One Day International.

“Pada tahap perencanaan dan kesiapsiagaan kami ini, kami belum mengetahui perkembangan apa pun yang terkait dengan dampak varian baru pada kedatangan internasional,” kata Cricket Afrika Selatan kepada Reuters, Jumat.

“Jika ada perubahan ini, CSA akan mengeluarkan pernyataan dan saran tentang penyesuaian yang direncanakan.”

Afrika Selatan juga akan menjamu India bulan depan, dengan tur itu diharapkan menjadi keuntungan besar bagi pundi-pundi Cricket Afrika Selatan. India akan memainkan tiga tes selama Desember dan Januari. [Ant]

Lihat juga...