FKMPB Bangkitkan Kreasi Budaya Melalui Lomba Tari Tradisional

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Puluhan peserta antusias mengikuti lomba tari tradisional dan fashion show busana adat yang ditaja oleh Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Bekasi (FKMPB) di GOR Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/11/2021).

Puluhan peserta dari kalangan pelajar anak-anak hingga tingkat remaja di wilayah Tambun menunjukkan bakat seni dengan pakaian khas di depan para juri untuk mendapatkan penilaian agar mendapatkan piala Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh.

Pada setiap kategori juri menetapkan tiga pemenang, juara favorit, harapan dan lainnya. Belasan piala telah disiapkan panitia pelaksana dari FKMPB Kabupten yang diserahkan langsung oleh Juhandi selaku Kepala Badan Kesbang Pol Kabupaten Bekasi kepada juara.

“Melalui perlombaan tari tradisional dan fashion show pakaian adat ini dapat memunculkan kreasi baru bakat bagi anak di bidang budaya lokal. Giat ini menjadi salah satu cara dalam melestarikan budaya,” ungkap Juhandi juga sebagai Pembina FKMPB Kabupaten, usai menyerahkan piala bergilir.

Dikatakan, banyak budaya tradisi di Kabupaten Bekasi masih terus dilestarikan meskipun diketahui dengan banyaknya warga dari luar Bekasi yang datang dan membawa budaya daerahnya.

Melalui lomba tari tradisi dan fashion show pakaian adat menjadi ajang memperkenalkan keberagaman Indonesia yang ada di Kabupaten Bekasi. Karena terlihat dari peserta fashion rata-rata menyesuaikan pakaian dari daerahnya.

“Kita bisa melihat tadi ada tari Lampung, Makassar, Betawi, Sunda dan lainnya tampil dengan berbagai ekspresi karena pesertanya masih anak-anak. Ini menjadi tanda bahwa semua budaya di Indonesia ada di Kabupaten Bekasi ini,” tandas Juhandi.

Lihat juga...