HGN, SMKN 3 Maumere Beri Penghargaan Bagi Guru Terpilih

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Selain menggelar upacara bendera, SMKN 3 Maumere di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, juga mengadakan berbagai acara untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN), Kamis (25/11/2021).

Kepala Sekolah SMKN3 Maumere, Alfrid Berlin Kedo, menyebutkan HGN kali ini mengusung tema “Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

“Kami memberikan penghargaaan kepada para guru sesuai dengan berbagai kriteria, dan merupakan hasil voting yang dilakukan oleh para peserta didiknya,” sebut Alfrid, sapaannya, saat ditemui di sekolah itu usai apel HGN, Kamis (25/11/2021),

Alfrid mengatakan, dalam memperingati Hari Guru Nasional sekaligus Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), pihaknya juga melakukan upacara bendera dan pemilihan guru-guru yang masuk nominasi.

Disebutkannya, walaupun sederhana tapi pihaknya menyelenggarakan peringatan ini untuk menghargai harkat dan martabat para guru yang ada di sekolah ini.

Kepala Sekolah SMKN3 Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Alfrid Berlin Kedo, saat ditemui di sekolahnya, Kamis (25/11/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Pihaknya pun mengadakan berbagai perlombaan untuk memeriahkan peringatan hari guru ini.

“Makna hari guru yang sebenarnya adalah sebuah momentum untuk merefleksikan, mengintropeksi diri dan implementasikan tugas-tugas guru selama satu tahun mengabdi,” terangnya.

Alfrid menambahkan, Hari Guru Nasional juga sebagai ucapan syukur kepada Tuhan, karena guru di Indonesia sudah dianggap sebagai sebuah profesi yang mulia.

Lanjutnya, sejak adanya Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, guru dianggap sebagai sebuah jabatan profesional.

Ia bersyukur, dengan adanya aturan ini sebagai upaya pemerintah dan DPR untuk menyejahterakan dan memanusikan guru Indonesia, serta mengangkat martabat guru.

Lihat juga...