Hingga 2020, Guliran Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Samiran Capai Rp5 Milyar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI — Hingga tahun 2020 guliran dana pinjaman Unit Usaha simpan pinjam Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di kecamatan Selo Boyolali Jawa Tengah tercatat mencapai Rp5 milyar lebih.

Perputaran dana pinjaman Unit Usaha Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran sepanjang tahun 2020 itu diketahui digunakan untuk pembiayaan modal usaha bagi anggota koperasi yang tersebar di 9 kelompok di 3 desa wilayah kecamatan Selo. Mulai dari desa Samiran, desa Selo serta desa Lencoh.

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran Bayu Pramana mengatakan total jumlah anggota yang menerima manfaat pinjaman modal usaha unit simpan pinjam Modal Kita tersebut pada tahun 2020 mencapai 871 nasabah.

“Pada tahun 2020 unit usaha Modal Kita mendapat batuan pinjaman modal dari Yayasan Damandiri sebesar Rp2,2 milyar. Sementara guliran dananya mencapai Rp5milyar lebih. Dimanfaatkan untuk membantu modal usaha sebanyak 871 anggota nasabah di 3 Desa,” ungkapnya dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 berlokasi di desa setempat Rabu (17/11/2021).

Pada RAT tahun buku 2019 sendiri Unit Usaha Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran tercatat hanya mampu menyerap dana sebesar Rp1,4 miliar dari pinjaman Yayasan Damandiri. Hal itu tak lepas karena jumlah anggota koperasi saat itu yang masih cukup kecil, yakni sebanyak 400 orang anggota nasabah yang tersebar di 7 kelompok.

Namun pada tahun 2020, pengurus unit usaha Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran mulai menyasar nasabah di sejumlah desa lain di luar desa Samiran. Antara lain seperti desa Selo dan desa Lencoh. Sehingga jumlah anggota nasabah unit usaha Modal Kita Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran pun bisa bertambah hingga dua kali lipat .

Untuk terus meningkatkan pemanfaatan dana pinjaman modal usaha yang digelontorkan Yayasan Damandiri, pengurus unit usaha Modal Kita, pada tahun 2021 ini juga berencana melakukan penambahan perluasan area permodalan. Tidak hanya di tiga desa yang telah disasar saat ini, namun juga ke desa-desa lain di satu wilayah kecamatan Selo, Boyolali yang total berjumlah10 desa.

Tak hanya itu, untuk memaksimalkan pemanfaatan dana pinjaman modal usaha yang digelontorkan Yayasan Damandiri, pengurus unit usaha Modal Kita juga berencana menyesuaikan jumlah besaran plafon pinjaman sesuai kebutuhan anggota nasabah. Dengan begitu setiap nasabah nantinya akan dimungkinkan meminjam modal mencapai Rp5-25juta per anggota.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri menetapkan desa Samiran sebagai desa binaan melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari sejak tahun 2017 lalu. Melalui program ini, Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan lewat Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran.

Selain menggerakkan ekonomi masyarakat desa dengan memaksimalkan potensi pariwisata yang ada, Yayasan Damandiri juga berupaya membantu akses permodalan warga desa dengan menggelontorkan dana pinjaman lewat unit Modal Kita yang mencapai milyaran rupiah.

Upaya ini sendiri dilakukan sebagai bagian mendorong kemandirian warga desa. Sekaligus juga menyiapkan warga desa agar tidak hanya bergantung pada sektor pertanian saja, namun juga sektor-sektor lain khususnya di bidang pariwisata yang menjadi potensi besar desa Samiran maupun kecamatan Selo pada umumnya.

Lihat juga...