Hingga 2025 NASA tak Akan Kirim Astronot ke Bulan

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) pada Selasa (09/11) waktu setempat, mengumumkan tidak akan mengirim astronot kembali ke bulan setidaknya hingga 2025.

“Kami memperkirakan tidak lebih awal dari 2025 untuk Artemis 3, yang akan menjadi pendarat manusia di pendarat demonstrasi pertama yang dimenangkan dalam kompetisi oleh SpaceX,” kata Administrator NASA, Bill Nelson, dikutip dari AFP pada Rabu (10/11/201).

Nelson menyebut, bahwa penundaan misi tersebut berkaitan dengan gugatan hukum yang diajukan perusahaan Blue Origin milik Jeff Bezos. Hal tersebut telah mendorong pelambatan pekerjaan antara NASA dan SpaceX selama tujuh bulan proses penyelesaian sengketa.

Sebelumnya pada Kamis, seorang hakim federal menolak gugatan Bezos terhadap pemerintah AS. Bezos menggugat atas keputusan NASA yang memberikan kontrak pesawat ruang angkasa untuk pendaratan ke bulan senilai 2,9 miliar dolar AS kepada SpaceX milik miliarder Elon Musk.

NASA mengatakan, setelah keputusan hukum tersebut pihaknya akan melanjutkan pekerjaan dengan SpaceX untuk misi pendaratan ke bulan sesegera mungkin.

Lihat juga...