Hujan Sebabkan Sejumlah Wilayah di Bekasi Tergenang Air

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Hujan deras mengguyur wilayah Bekasi, Jawa Barat, di awal November, membuat sejumlah titik di wilayah kota ini dan sekitarnya tergenang air.

Genangan air hampir terjadi di semua wilayah langganan banjir, seperti di Kompleks Puri Gading, Pondok Melati. Ketinggian air di jalan pemukiman tersebut mencapai selutut orang dewasa, membuat banyak kendaraan roda dua yang nekat melintas mogok, karena kemasukan air.

Banjir juga menggenangi kompleks Kelurahan Jatimelati, Tambun Selatan, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi. Terlihat terowongan krosing tol tertutup air dan akses ke pemukiman terputus.

“Nasib warga Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan, meski selama puluhan tahun belum ada perbaikan. Mengadu ke berbagai instansi pun tak ada solusi,” ujar Latip, warga yang juga pegiat lingkungan di Bekasi, Senin (1/11/2021).

Begitupun di wilayah Mustikasari, tepatnya di Perumahan Mayang Pratama Mustikasari, genangan air mencapai hingga selutut orang dewasa. Pengakuan warga, air nyaris masuk ke pemukiman.

Kompleks Perumahan Jatimulya Raya, Tambun Selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi tak luput dari genangan air diawal November. Terlihat terowongan di krosing tol tertutup air, di lingkungan warga juga tergenang hingga banyak kendaraan mogok saat nekat menerobos, Senin (1/11/2021). –Foto: M Amin

Sementara itu terpantau sejumlah anak kecil bermain di genagan air seperti di wilayah Puri Gading. Bahkan, tidak sedikit yang langsung mencuci kendaraan roda dua. Ada juga yang mulai mengemas barangnya untuk diletakkan di tempat lebih tinggi, mengantisipasi hujan yang tak kunjung reda.

Pantauan di lapangan, banjir juga merendam empang yang berisi ikan milik warga di Kampung Poncol, Jatimekar, Jatiasih.

Hujan dengan intensitas tinggi membuat lokasi tersebut terendam banjir, bahkan jembatan penyeberangan dari bambu yang dibuat warga hanyut terbawa air.

“Empang yang isinya aneka ikan hias dan mujair milik warga di Kampung Poncol, Jatimekar, terendam air, karena hujan begitu deras dan berlangsung lama,”ujar Bang Kosil.

Kondisi tersebut dipastikan semua ikan peliharaan warga terbawa air. Sampai sekarang, air belum surut, masih menggenangi areal kampung Poncol yang terdapat banyak peternakan ikan, pertanian sayuran dan lainnya milik warga.

Terpisah, Kasi Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Bekasi, Idham Khalid, melaporkan hujan awal November membuat beberapa titik lokasi tergenang air, meliputi perumahan IKIP, di Pondok Gede, PGP (Pondok Gede Permai).

“Ya, Jatibening Permai juga udah mulai, PHP (Pondok Hijau Permai), hujan terjadi sejak pukul 12.00 WIB. Saat ini hujan masih turun, tapi tidak begitu deras,” katanya.

Diakuinya, bahwa BPBD telah mempersiapkan bila nanti harus melakukan evakuasi, juga disiapkan tenda.

Lihat juga...