Hutan Kota Sukamara Potensial Dikembangkan Jadi Pusat Edukasi Alam

SUKAMARA  – Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, membenahi dan meningkatkan pengelolaan kawasan hutan kota agar semakin menarik untuk dijadikan sebagai pusat edukasi tentang alam, dan juga objek wisata.

“Selain menjaga keasriannya, kawasan itu juga akan dikelola agar bisa menjadi alternatif bagi warga untuk berwisata. Apalagi lokasinya strategis di tengah kota,” kata Wakil Bupati Sukamara Ahmadi di Sukamara, Senin.

Ahmadi meminta semua instansi terkait untuk membantu pembenahan dan peningkatan kawasan hutan kota. Siap  dibangun ekosistem baru dengan ditambahkan beberapa hewan asli Kalimantan seperti rusa.

“Ke depan perlu ada pengembangan ekosistem hewan, cocoknya rusa karena di hutan kota ini banyak sumber makanannya,” kata Ahmadi.

Menurutnya hutan kota potensial untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Jika di dalamnya dikembangkan rusa dan hewan lainnya maka diperlukan pagar untuk menjaga keamanan.

“Hutan kota ini letaknya dekat dengan pusat kota dan potensinya luar biasa dan harus dilestarikan serta dikembangkan,” tukas Ahmadi.

Sementara itu sejumlah warga menilai pengembangan hutan kota sebagai tempat rekreasi di Kota Sukamara memang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah. Selain sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, hutan kota juga bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi muda tentang hutan.

“Jika dikelola sebagai tempat rekreasi dengan dibangun sarana pendukungnya tentu sangat bagus. Selain menjadi tempat rekreasi juga bisa memperlihatkan dan mengenalkan hutan kepada anak-anak,” demikian Rahman, salah seorang warga.

Pemerintah Kabupaten Sukamara berupaya terus meningkatkan pembangunan daerah. Ruang-ruang publik atau ruang terbuka hijau juga diupayakan ditingkatkan sesuai kemampuan keuangan daerah agar warga merasa puas atas layanan yang diberikan pemerintah daerah. (Ant)

Lihat juga...