Indragiri Hulu Petakan Titik Rawan Longsor

INDRAGIRI HULU – Bupati Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Rezita Meylani Yopi, bersama tim ekspedisi dari sejumlah instansi dan badan terkait menyusuri Sungai Indragiri untuk memetakan titik rawan longsor.

Bupati Rezita Meylani, mengatakan kegiatan susur sungai tersebut berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (20/11), guna mengetahui kondisi nyata di lapangan sehingga bisa menentukan kebijakan yang tepat dalam proses mitigasi bencana.

Dalam perjalanan ekspedisi susur sungai tersebut, Bupati didampingi puluhan orang yang juga menggunakan perahu karet untuk meninjau potensi titik rawan erosi tebing sungai.

Tim ekspedisi dalam kesempatan itu telah menemukan sejumlah titik rawan abrasi dan longsor, sehingga nantinya hal itu akan diusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia untuk penanaman pohon pelindung.

Jika permohonan nantinya disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup, maka program penanaman pohon segera dilaksanakan, sehingga tebing sungai yang rawan runtuh diharapkan menjadi aman.

Namun demikian, kata Rezita, peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan menjaga lingkungan sungai, misalnya dengan tidak menebang pohon yang ada dan menghindari adanya usaha tambang pasir ilegal.

“Usaha ilegal (penambangan pasir) merupakan salah satu pemicu terjadinya abrasi maupun runtuhnya tepi sungai,” ujarnya di Rengat, Minggu (21/11/2021).

Sebagaimana diketahui, sebelum dan sesudah menyusuri sungai, Bupati Rezita juga meminta masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan baik. Warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai juga diharapkan untuk selalu waspada, terutama dalam musim hujan seperti saat ini. (Ant)

Lihat juga...