Investasi di Pasar Modal Jangan Sekadar Ikut-ikutan

Tangkapan layar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen memberikan paparan dalam kegiatan OJK Mengajar secara virtual yang dipantau di Jakarta, Kamis (18/11/2021). -Ant

“Terkait tinggi rendah risiko tergantung pengetahuan dan kemampuan informasi yang kita dapat, jadi memang berbanding lurus. Makin kita tidak punya pengetahuan atau miskin informasi, makin tinggi risikonya. Makin banyak pengetahuan dan informasi yang kita punya, pasti makin rendah risikonya. Makanya, teman-teman kalau jadi investor harus punya pengetahuannya,” kata Hoesen.

Ia menambahkan, investor sebaiknya melakukan investasi secara berkala dengan orientasi jangka panjang. Selain itu, tentukan pula batas nilai investasi.

“Limiting liabilities kita, jangan semua ditaruh di dalam investasi, tetapi juga harus dihitung dan investasi itu harus ditentukan batas untung dan batas ruginya,” ujar Hoesen.

Terakhir, investor harus melakukan diversifikasi investasi dan menghindari berinvestasi hanya pada satu jenis produk investasi. (Ant)

Lihat juga...