Juventus Melaju ke 16 besar Usai Libas Zenit St Petersburg 4-2

JAKARTA — Juventus melanjutkan catatan sempurna mereka saat melibas Zenit St Petersburg 4-2 dalam pertandingan Grup H Liga Champions di Allianz Stadium, Selasa (Rabu dini hari WIB).

Paulo Dybala memborong dua gol untuk Juventus, sedangkan dua gol lainnya masing-masing dicetak oleh Federico Chiesa dan Alvaro Morata. Sedangkan, Zenit mencetak gol melalui bunuh diri Leonardo Bonucci dan Sardar Azmoun, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil ini memastikan Juventus menjadi juara Grup H dan berhak melaju ke babak 16 besar setelah mengoleksi 12 poin. Sedangkan, Zenit tetap berada di posisi ketiga dengan 3 poin.

Sejak awal pertandingan, Juventus langsung menyerang dan menciptakan sejumlah peluang emas.

Pada menit ke-9, Paulo Dybala melepaskan tembakan setelah menerima umpan dari Alvaro Morata. Sayang, bola mengenai tiang gawang.

Tim tuan rumah dapat mencetak gol pada menit ke-11 melalui tendangan Dybala di depan gawang setelah memanfaatkan bola rebound sundulan Matthijs de Ligt hasil dari sepak pojok. Skor 1-0 untuk Juventus.

Keunggulan Juventus hanya bertahan hingga menit ke-26. Vyacheslav Karavaev melepaskan umpan silang ke kotak penalti, yang kemudian disapu Leonardo Bonucci. Namun, sundulan bek veteran itu justru masuk ke gawang sendiri. Kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut tidak melemahkan mental Juventus dan mereka masih mendominasi jalannya pertandingan, tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Juventus masih menguasai jalannya laga dan terus menebar ancaman berkali-kali ke gawang Zenit.

Juventus hampir kembali unggul pada menit ke-55, wasit menunjuk titik putih setelah Federico Chiesa dijatuhkan oleh Claudinho di kotak terlarang. Dybala yang ditunjuk sebagai eksekutor mengarahkan bola ke kiri gawang, tetapi masih melebar dari gawang.

Namun, wasit meminta penalti diulang karena melihat kiper Zenit Stanislav Kritsyuk tidak menginjak garis gawang ketika eksekusi dilakukan.

Dybala, yang mendapatkan kesempatan kedua, tidak menyia-nyiakan peluang emas tersebut dan berhasil mengubah skor jadi 2-1.

Juventus menambahkan keunggulan pada menit ke-73. Federico Chiesa menerima bola dari Federico Bernardeschi dan melewati Dejan Lovren terlebih dahulu sebelum menjebol gawang Zenit. Skor 3-1 untuk tuan rumah.

Masih belum puas, Juventus mencetak gol keempat melalui tendangan Alvaro Morata setelah menerima umpan dari Dybala pada menit ke-82. Kedudukan menjadi 4-1.

Pada masa injury time, Zenit mencetak gol hiburan melalui tendangan Sardar Azmoun yang memanfaatkan umpan Dzyuba. Kedudukan 4-2 bertahan hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain:

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Federico Chiesa, Weston McKennie, Manuel Locatelli (Arthur Melo 80′), Federico Bernardeschi (Adrien Rabiot 80′); Paulo Dybala, Alvaro Morata.

Zenit St. Petersburg (3-4-2-1): Stanislav Kritsyuk; Dejan Lovren, Dmitriy Chistyakov, Yaroslav Rakitskiy (Artem Dzyuba 75′); Aleksey Sutormin, Wilmar Barrios, Wendel, Vyacheslav Karavaev (Malcom 59′); Andrey Mostovoy (Daniil Krugovoy 59′), Claudinho (Aleksandr Erokhin 75′); Sardar Azmoun. [Ant]

Lihat juga...