Kamboja Tuan Rumah Asian Youth Games 2029

JAKARTA – Dewan Olimpiade Asia (OCA) secara resmi mengonfirmasi Kamboja sebagai tuan rumah Asian Youth Games (AYG) V/2029, dalam pertemuan Majelis Umum OCA ke-40 di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (21/11/2021).

Presiden Komite Olimpiade Nasional (NOC) Kamboja, Dr. Thong Khon, mengucapkan terima kasih kepada OCA karena telah mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Thong Khon mengatakan, pelaksanaan AYG 2029 akan memanfaatkan fasilitas yang saat ini dibangun untuk SEA Games 2023, di mana Kamboja juga bertindak sebagai tuan rumah.

Kamboja saat ini tengah membangun Morodok Techo National Stadium di Ibu Kota Phnom Penh. Pembangunan stadion berkapasitas 60 ribu orang itu menghabiskan dana senilai 168 juta dolar AS (sekitar Rp2,4 triliun).

Selain stadion canggih, kompleks olahraga ini juga mencakup pusat olahraga akuatik, gimnasium, aula pelatihan dalam ruangan dan wisma atlet.

Hampir 3.000 atlet dari 45 negara diperkirakan akan bertanding dalam 18 cabang olahraga pada gelaran Asian Youth Games edisi ke lima di Kamboja.

Bagi Kamboja, ini merupakan kali pertama menjadi tuan rumah Asian Youth Games. Ajang ini pertama kali bergulir pada 2009, ketika Singapura menjadi tuan rumah.

Kemudian, edisi ke dua berlangsung di Nanjing, Cina pada 2013. Empat tahun kemudian, AYG 2017 batal bergulir setelah Sri Lanka mengundurkan diri sebagai tuan rumah.

Selanjutnya, AYG edisi ketiga di Shantou, Cina yang seharusnya bergulir tahun ini, harus mundur menjadi 20-28 Desember 2022 karena pandemi Covid-19. Adapun edisi ke empat dijadwalkan bergulir di Tashkent, Uzbekistan pada 2025. (Ant)

Lihat juga...