KBRI Sosialisasikan Produk Indonesia di Waterfall Mall Afrika Selatan

JAKARTA  – Kedutaan Besar RI di Pretoria memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada publik Afrika Selatan melalui kegiatan in-store promotion (promosi di dalam toko) pada Jumat (12/11) di Waterfall Mall, kota Rustenburg, provinsi North West.

Kegiatan promosi itu dilakukan KBRI Pretoria bersama Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg, demikian menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

“Tujuan kami menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk memperluas dan memperdalam kehadiran produk Indonesia di Afrika Selatan. Terutama pascapandemi COVID-19, kami ingin kembali menggencarkan ekspor produk Indonesia ke Afrika Selatan,” kata Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi.

Menurut KBRI Pretoria, kegiatan promosi produk Indonesia itu mendapatkan tanggapan positif dari para pengunjung.

“Mereka menilai produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang bagus. Umumnya pengunjung mengaku telah mengonsumsi produk-produk yang memang telah cukup lama masuk ke Afrika Selatan, namun tidak mengetahui bahwa yang mereka konsumsi tersebut berasal dari Indonesia,” ujar Salman.

Dia mengungkapkan sejumlah produk Indonesia memang telah berhasil menembus pasar Afrika Selatan dan digemari oleh publik, seperti mie instan, biskuit, minuman kelapa, obat-obatan/farmasi, produk kecantikan dan perawatan rambut, ban dan aksesoris kendaraan bermotor, serta perabot.

Namun demikian, menurut Salman, kehadiran produk Indonesia di Afrika Selatan dirasa masih dapat terus ditingkatkan.

“Oleh karena itu, setelah pada September 2021 kami menyelenggarakan kegiatan serupa di Johannesburg, kota bisnis utama di Afrika Selatan, maka kali ini kami memilih penyelenggaraannya dilakukan di kota Rustenburg yang memiliki populasi terbesar di Provinsi North West,” tuturnya.

Selain melihat-lihat produk yang dipamerkan, para pengunjung dalam kegiatan in-store promotion yang diadakan KBRI Pretoria itu juga dapat mencicipi beberapa produk andalan, seperti makanan ringan dan produk farmasi.

KBRI juga membagi-bagikan produk mie instan kepada para pengunjung.

Kegiatan promosi tersebut juga didukung oleh sejumlah perusahaan dan distributor produk Indonesia di Afrika Selatan yang telah lebih dulu sukses menapaki pasar Afrika Selatan.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menjaring para pembeli baru sehingga lebih banyak produk Indonesia yang bisa masuk ke Afrika Selatan dan pada akhirnya meningkatkan nilai perdagangan kedua negara,” kata Ketua ITPC Johannesburg Anggun Paramita Mahdi.

Dalam kesempatan tersebut, para pengunjung juga disuguhi pertunjukan seni budaya Indonesia, yaitu tari Topeng Kelana. (Ant)

Lihat juga...