Kemendikbudristek Minta LKP Berperan dalam Percepatan Pembangunan Daerah

AMBON — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti meminta  lembaga kursus dan pelatihan (LKP) berperan dalam percepatan pembangunan daerah.

“LKP harus berperan dalam meningkatkan kompetensi anak-anak Indonesia, sesuai kebutuhan daerah masing-masing untuk pengembangan daerah,” ujar Suharti di Ambon, Maluku, Senin.

Pihaknya mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang ikut membangun pendidikan khususnya di Kota Ambon, Maluku.

“Kita harus berperan lebih besar lagi terutama saat pandemi ini tidak hanya berupa bantuan tapi juga ide, kurikulum dan lain-lain. Kita harus berjalan bersama,” kata dia.

Sekjen berharap kolaborasi yang terjalin mulai dari pertukaran informasi kurikulum, kebutuhan lulusan, maupun asesmen dapat mempercepat pembangunan SDM di daerah.

Dunia usaha dunia industri (DUDI) diharapkan dapat menyediakan instruktur yang bisa membantu memberikan masukan kepada tenaga kependidikan dan guru, supaya bisa ikut berpartisipasi di lembaga pendidikan.

“Silakan beri kami masukan termasuk untuk asesmen guna membangun lembaga kursus dan pelatihan yang semakin baik dalam mewujudkan pasokan dan kebutuhan yang seimbang di masyarakat. Karena pendidikan berkualitas adalah syarat untuk memutus rantai kemiskinan, tentunya jika pendidikan terjamin baik,” tegas dia.

General Manager PT Telkom Witel Maluku, Harris Setyawan menyambut baik ajakan Kemendikbudristek.

Lihat juga...