Kepri Kembali Masuk PPKM Level Satu

Gubernur Kepri Ansar Ahmad. -Ant

TANJUNGPINANG – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali ke PPKM level satu berdasarkan hasil asesmen Kementerian Kesehatan per 8 November 2021.

“Selain itu, seluruh kabupaten/kota setempat juga sudah masuk ke PPKM level satu. Alhamdulillah, tujuh kabupaten/kota berada di level satu,” ujar Gubernur Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Selasa (9/11/2021).

Menurut dia, ada beberapa indikator pemberlakuan PPKM level satu di daerah itu, antara lain capaian vaksinasi untuk dosis pertama sudah 90 persen dan dosis kedua sudah 70 persen. Selain itu, untuk capaian vaksinasi lansia sudah di angka 60 persen lebih.

“Kepri sempat naik ke PPKM level dua, karena terjadi perbedaan data vaksinasi lansia di daerah dan pusat,” ungkap Ansar.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 hingga 8 November 2021, untuk kasus aktif tersisa 23 orang. Adapun tingkat keterisian rumah sakit Covid-19 hanya 1,57 persen dan positivity rate 0,06 persen.

“Penurunan kasus Covid-19 ini berkat kerja sama semua pihak,” ucapnya.

Lanjut dia, Pemprov Kepri saat ini terus menggesa cakupan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mendapat suntik vaksin.

Satgas Covid-19 bekerja sama dengan berbagai instansi seperti TNI-Polri gencar jemput bola melakukan vaksinasi secara door to door demi mengejar target 100 persen.

“Vaksinasi akan membentuk kekebalan komunal, salah satunya bertujuan mencegah potensi gelombang ke tiga Covid-19 saat libur akhir tahun,” demikian Ansar.

Pemerintah pusat telah mengumumkan PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali diperpanjang lagi terhitung sejak 8 hingga 22 November 2021. (Ant)

Lihat juga...