Kilang Pertamina Cilacap Kembali Terbakar

Kobaran api disertai kepulan asap hitam terlihat di Kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jateng, Sabtu (12/6/2021) - Foto Dok Ant
JAKARTA – Kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kebakaran pada Sabtu (13/11/2021) malam sekira pukul 19.00 WIB. Berdasarkan rekaman video yang disebarkan warga di media sosial, kebakaran masih berlangsung hingga berita ini disiarkan.

Lokasi tangki yang terbakar itu berada di Banjaran, Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap. Saat ini, petugas masih berupaya memadamkan kobaran api, agar tidak semakin membesar. Sebelumnya, pada 11 Juni 2021, Kilang Cilacap juga terbakar. Saat itu, peristiwa kebakaran terjadi pada salah satu tanki yang berisi benzene.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam Kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per-hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude, yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah. Kilang Cilacap juga bernilai strategis, karena memasok 44 persen kebutuhan bahan bakar minyak nasional dan 75 persen kebutuhan bahan bakar di pulau Jawa. Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di Tanah Air yang memproduksi aspal dan base oil.

PT Pertamina (Persero) menyatakan, kebakaran Kilang Cilacap di Jawa Tengah yang terjadi Sabtu (13/11/2021) malam, berada di sebuah tangki berisi produk Pertalite. “Kebakaran mulai sekitar pukul 19.20 WIB terjadi di sebuah tanki berisi produk Pertalite,” kata Sekretaris Perusahaan Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, Sabtu (13/11/2021).

Ifki mengatakan, pihaknya saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, dan masih belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Upaya pemadaman dilakukan secara intensif, dengan menggunakan high capacity foam monitor pada tangki yang terbakar.

Sedangkan untuk tangki di sekitar, dilakukan pendinginan dengan water sprinkle, untuk mencegah api yang merambat. Saat ini, Pertamina juga sedang melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

Perseroan melakukan evakuasi masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi ke area yang lebih aman. Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan bahan bakar minyak dan elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan. (Ant)

Lihat juga...