Lapangan Baruna Ria Fasilitasi Kegiatan Olah Fisik Warga Panjang

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Keberadaan lapangan Baruna Ria jadi salah satu fasilitas warga di Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung. Ansori, warga setempat menyebut lapangan di tepi Jalan Lintas Sumatera tersebut digunakan untuk olah fisik. Sejumlah sekolah sepak bola (SSB) dan kegiatan olahraga memanfaatkan lapangan milik IPC Panjang tersebut.

Ansori  menyebutkan, lapangan tersebut berada di Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang. Memiliki standar ukuran lapangan sepak bola area tersebut masih menyisakan fasilitas lapangan untuk bermain bola voli. Sebagian area yang ditumbuhi rumput digunakan pegiat olahraga karate, futsal. Kegiatan jogging dan lari pagi kerap dilakukan di tepi lapangan yang diteduhi beragam pohon.

“Selama pandemi kegiatan olahraga dilakukan terbatas, namun perlahan kegiatan sepak bola mulai kembali dilakukan untuk mendapatkan kebugaran tubuh dengan banyak bergerak,” terang Ansori saat ditemui Cendana News, Jumat (12/11/2021).

Ansori menyebut sebagai lapangan olahraga yang luas area tersebut masih perlu ditambah fasilitas. Sebab sebagian lapangan telah diberi tempat duduk, saluran air, tempat sampah. Sebagian area untuk olahraga bola voli sebutnya masih berupa tanah yang becek saat penghujan. Ia dan warga sebutnya berharap ada fasilitas tambahan untuk outdoor fitness seperti di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Lapangan Gajah.

Hendra, salah satu warga Kelurahan Panjang Utara menyebut lapangan milik IPC Panjang yang merupakan salah satu BUMN itu sangat bermanfaat bagi warga. Kegiatan lomba jalan santai, senam massal hingga sejumlah kegiatan olahraga bisa dilakukan. Seizin pengelola lapangan Baruna Ria tersebut digunakan untuk kegiatan olah fisik untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.

“Saat ini keinginan masyarakat untuk olahraga meningkat sehingga Baruna Ria jadi tempat yang representatif,” ulasnya.

Kondisi rumput yang tumbuh menghijau sebutnya mendukung kegiatan olahraga bagi warga. Bagi sejumlah keluarga yang memiliki hobi bersepeda menjadikan lokasi tersebut untuk olahraga. Mengajak serta anak anak sebagian area bisa dimanfaatkan untuk berlatih sepeda bagi anak anak.

Firmansah (kiri) dan sejumlah remaja Karang Maritim bermain olahraga futsal di area lapangan bola voli Baruna Ria, Jumat (12/11/2021). Foto: Henk Widi

Firmansah, salah satu remaja di Kelurahan Karang Maritim mengaku menyukai olahraga bola voli. Namun ia menyebut saat sejumlah rekan mengajak olahraga futsal, ia bisa mempergunakan lapangan bola voli.

Lokasi lapangan Baruna Ria yang strategis sebutnya menjadikan lokasi tersebut sebagai pusat kegiatan olahraga. Berada pada area terbuka, saat pagi hari sinar matahari bisa menjadi sumber vitamin D untuk kesehatan tulang.

“Sebagian warga menggunakan lapangan untuk keliling lapangan Baruna Ria untuk mencari keringat dengan jogging,” ulasnya.

Firmasah bilang meski fasilitas lapangan menjadi aset IPC Panjang ia menyebut fungsinya bermanfaat bagi banyak pihak. Kegiatan olahraga yang mulai boleh dilakukan sebutnya mendorong warga melakukan kegiatan untuk meningkatkan stamina. Meski lapangan cukup luas ia menyebut saat penghujan sebagian lokasi lapangan becek oleh lumpur. Warga yang tidak melakukan olahraga bisa memanfaatkan pohon rindang untuk mendapat oksigen menyegarkan.

Lihat juga...