Lokasi Formula E Jakarta Diumumkan Bulan Depan

JAKARTA – Badan Umum Milik Daerah DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro (Perseroda), menyatakan kepastian lokasi penyelenggaraan balapan mobil listrik atau Formula E di Jakarta diumumkan sekitar Desember 2021, setelah melalui proses penentuan dari penyelenggara “Formula E Operation” (FEO).

“Kami optimis, waktunya masih sesuai. Jadi, Desember sudah ada penentuan,” kata Direktur Pengelolaan Aset Jakpro sekaligus Managing Director Jakarta Eprix Gunung Kartiko, melalui tayangan langsung media sosial Jakpro di Jakarta, Senin malam.

Menurut dia, penentuan lokasi membutuhkan proses karena trek balapan berada di ruas jalan tengah kota.

“Beda misalnya di Mandalika yang sudah ada area dan mereka tinggal bikin sertifikasi dari FIA, kalau di kami pertimbangan di Kota Jakarta sengaja bikin sirkuitnya, jadi pertimbangan cukup beragam,” ucap Gunung.

Gunung menambahkan, ada lima calon lokasi yang potensial digunakan sebagai lintasan balap mobil listrik, salah satunya di kawasan Senayan, Jakarta.

Meski belum menentukan lokasi, Gunung menjelaskan lokasi balapan itu salah satu mempertimbangkan akses kemudahan kepada masyarakat.

“Dari lima itu belum kami putuskan, masih kami pelajari mana yang terbaik,” ungkap Gunung.

Walau begitu, Gunung mengungkapkan pihaknya sudah mencicil pembangunan infrastruktur untuk ajang Formula E sejak 2020.

“Jadi, nanti tinggal dirapikan jalannya seperti apa aspalnya, sisi barrier tinggal kita pasang. Jadi kalau sudah berjalan atau belum, kami sudah berjalan 2020,” imbuh Gunung.

Sebelumnya, ajang Formula E diadakan sekaligus untuk mendukung program Jakarta Langit Biru yang diusung oleh Pemerintah Daerah, selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Formula E menjadi kesempatan menuju solusi untuk mengatasi polusi udara di wilayah perkotaan, terlebih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga gencar mensosialisasikan uji emisi kendaraan untuk menekan polusi udara.

Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap mobil listrik ABB FIA Formula E pada 2022 berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10) waktu setempat.

Ketetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke delapan pada 2021/2022.

Dalam video yang dibagikan khusus untuk penggemar olahraga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Selain Jakarta, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. (Ant)

Lihat juga...