Maestro Tari Ini tak Kenal Lelah Mengajar Menari

Bahkan pada tahun-tahun awal pelaksanaan PKB, dalam pementasan sendratari, ia sempat memerankan tokoh sebagai Dewi Kosalya yang merupakan ibu dari Sri Rama dalam epos cerita Ramayana. Selain itu, ia ikut menjadi pembina tari dan juri berbagai perlombaan serangkaian PKB.

Nenek dari 10 cucu ini tercatat telah menerima sejumlah penghargaan seperti Penghargaan Parama Budaya dari Pemerintah Kota Denpasar dan Penghargaan Seni Dharma Kusuma Madya dari Pemerintah Provinsi Bali.

Pada tahun ini, atas pengabdian, kegigihan dan keteguhan Ni Ketut Arini dalam membina, melestarikan dan mengembangkan seni tari tanpa mengenal lelah dan putus asa, Pemerintah Provinsi Bali telah mengapresiasinya dengan memberikan Penghargaan Adi Sewaka Nugraha Tahun 2021.

Arini pun menjadi salah satu tokoh seni yang dihadirkan dalam Program Belajar Bersama Maestro yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun lalu.

Sanggar Tari Bali Warini juga telah mendapatkan penghargaan Kerthi Bhuwana Sandhi Nugraha dan juga pemegang Sertifikat Patakam Patram Budaya dari Pemerintah Provinsi Bali. (Ant)

Lihat juga...