Menteri Retno Tekankan Pentingnya Peningkatan Produksi Vaksin Global

JAKARTA — Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi menekankan pentingnya peningkatan produksi vaksin COVID-19 secara global dalam jangka pendek.

“Diversifikasi pembuatan vaksin ke negara-negara berkembang akan berkontribusi pada upaya peningkatan produksi vaksin global,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam kegiatan Global Town Hall 2021 yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Sabtu.

Upaya itu, lanjut dia, membutuhkan penguatan infrastruktur yang diperlukan, pusat penelitian, fasilitas penyimpanan, dan sumber daya manusia.

“Pembatasan ekspor bahan mentah harus diakhiri. Transfer teknologi harus difasilitasi,” kata Menlu.

Kemudian, negara-negara berkembang harus memperkuat daya serap vaksin.

“Banyak yang membutuhkan bantuan untuk mempercepat laju vaksinasi. Lembaga keuangan internasional dapat menyediakan pembiayaan yang sangat dibutuhkan,” kata Menlu.

Pada saat yang sama, ujar Retno, keterlibatan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus diintensifkan untuk merancang strategi vaksinasi yang efektif.

Selain itu semua negara harus dapat memenuhi target vaksinasi WHO. Langkah itu, kata Menlu, membutuhkan komitmen bagi prinsip ekuitas, yakni kesempatan vaksinasi COVID-19 pada kalangan petugas kesehatan dan kaum rentan.

Lihat juga...