OCA: Persiapan Asian Games Hangzhou 2022 Tanpa Hambatan

JAKARTA – Pejabat Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Raja Randhir Singh, mengatakan persiapan Asian Games Hangzhou pada 10-25 September 2022 berjalan sesuai rencana, tanpa hambatan. Randhir Singh menyampaikan hal tersebut pada pidato pembukaannya dalam Majelis Umum OCA ke-40 di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (21/11/2021).

OCA, kata Singh, terus berkoordinasi secara intens dengan panitia penyelenggara pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Dalam kesempatan ini, dia juga berjanji menjadikan Asian Games Hangzhou sebagai ajang yang tak terlupakan.

“Kami telah meyakinkan, bahwa Asian Games ke-19 di Hangzhou akan menjadi acara yang tak terlupakan. Persiapan berjalan dengan lancar, dan saya berharap tahun depan situasi menjadi normal,” kata Singh dikutip dari laman resmi OCA, Minggu.

Hangzhou akan menjadi kota ketiga di Cina yang menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Asian Games Hangzhou 2022 juga bakal menjadi yang pertama diikuti atlet dari negara-negara Oseania, termasuk untuk cabang olahraga voli indoor, voli pantai, bola basket, sepak bola dan anggar.

Dewan Eksekutif OCA melakukan pertemuan di Dubai dengan format hibrida pada Sabtu-Minggu (20-21/11). Dari 44 Komite Olimpiade Nasional (NOC) di Asia, 14 di antaranya tidak bertolak ke Dubai karena pembatasan perjalanan dan protokol kesehatan, dan memilih untuk bergabung dengan konferensi secara daring.

Rapat Dewan Eksekutif yang mengawali konferensi dua hari itu dipimpin oleh Randhir Singh bersama Direktur Jenderal OCA, Husain Al-Musallam.

Agenda utamanya adalah pengarahan dari penyelenggara Asian Games Hangzhou 2022 dan dilanjutkan dengan laporan lanjutan dari tiga kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games berikutnya, yakni Aichi-Nagoya, Jepang pada 2026, Doha, Qatar pada 2030 dan Riyadh, Arab Saudi pada 2034.

“Kami benar-benar menyesal, bahwa Anda tidak dapat berada di sini bersama kami, tetapi kami memahami situasinya. Dan bagi Anda yang telah berhasil hadir secara langsung, terima kasih atas dukungan Anda,” pungkas Singh. (Ant)

Lihat juga...