Pameran Bonsai di Bangka Barat Bangkitkan Ekonomi Kreatif

MENTOK  – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong kebangkitan sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19 melalui pameran bonsai.

“Selain menggerakkan kembali sektor ekonomi kreatif, kami berharap melalui pameran bonsai ini bisa menjadi pengungkit bangkitnya pariwisata Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Bangka Barat,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Mentok, Minggu.

Ia menjelaskan, pameran bonsai yang akan digelar selama lima hari mulai 10 November 2021 di kawasan destinasi wisata Pantai Baturakit Mentok tersebut akan menggandeng komunitas dan pegiat bonsai lokal.

“Karena masih dalam masa pandemi, pameran kami gelar terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 di lokasi pameran,” katanya.

Pameran dengan menampilkan puluhan karya bonsai para pegiat dan anggota komunitas lokal telah disiapkan dengan matang jauh hari agar bisa menghindari kerumunan dan tetap memberikan kenyamanan bagi para pengunjung saat berada di lokasi.

“Kegiatan dengan tema ‘pahlawanku semangat hidupku, bersemi di era pandemi’ ini juga dalam rangka memeringati Hari Pahlawan 10 November 2021 dan ikut serta mengangkat dan menyemarakkan pariwisata di Bangka Barat,” katanya.

Selain promosi wisata, kegiatan yang diinisiasi Komunitas Bonsai Lestari ini juga diharapkan mampu menjadi ajang silaturahim bagi para pehobi bonsai.

Panitia juga menyiapkan work shop dan diskusi terkait bonsai untuk memupuk semangat kebersamaan, menambah wawasan terhadap bonsai yang terus berkembang, dan tetap mengedepankan semangat menjaga kelestarian alam.

“Kami berharap pariwisata Bangka Barat bisa kembali bangkit dan kegiatan ini juga menjadi wadah penghobi bonsai menampilkan karya sehingga memberikan dampak positif dalam membantu meningkatkan usaha kecil dan menengah budi daya bonsai,” katanya. (Ant)

Lihat juga...