Pantai Karang Kambang Pasir Putih, Alternatif Destinasi Wisata Keluarga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Keindahan alam bahari Teluk Lampung jadi magnet bagi sejumlah wisatawan untuk berlibur. Berada dekat kota Bandar Lampung, sejumlah destinasi wisata bahari pantai, pulau jadi alternatif.

Pantai dekat dengan ibukota Lampung salah satunya dekat dengan akses jalan lingkar pesisir Bandar Lampung menuju ke Kabupaten Pesawaran. Pantai berair jernih berpasir putih, udara sejuk cocok untuk wisata keluarga.

Heni Susanti, salah satu pengunjung menyebut pantai Karang Kambang berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Pantai tersebut bisa ditempuh sekitar seperempat jam dari Bandar Lampung saat kondisi lalu lintas lancar.

Berada dekat pantai Putra Mutun, pantai itu cukup nyaman. Kendaraan roda empat, roda dua bisa menjangkau lokasi hingga ke bibir pantai.

Akses jalan aspal berganti jalan berbatu sebut Heni Susanti masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Ia memilih mendatangi pantai Karang Kambang dengan motor melintasi akses perkampungan warga.

Sesampainya di lokasi ia bisa memarkirkan kendaraan tepat di bibir pantai. Udara sejuk Teluk Lampung menyapa saat ia menginjakkan kaki di pasir nan putih. Datang kala pagi sebutnya membuat suasana masih sepi.

“Saya memiih datang pagi hari dengan anak-anak dan kerabat karena ingin mandi pada area pantai yang berair jernih dengan tujuan untuk terapi kesehatan, karena air laut diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ditambah sinar matahari pagi yang hangat untuk kulit,” terang Heni Susanti saat ditemui Cendana News, Minggu (14/11/2021).

Heni Susanti bilang pantai Karang Kambang memiliki ciri khas pembatas antara laut terbuka dan susunan batu karang. Bebatuan karang dan batu hitam yang disusun sebagai penahan gelombang digunakan nelayan untuk kolam tambat perahu.

Kondisi tersebut menciptakan kolam dua sisi yang dipisahkan dengan pasir putih. Saat pagi air laut sebutnya terasa hangat cocok untuk kegiatan mandi, berenang bagi anak-anak.

Pantai dengan kontur landai sedalam kurang dari satu meter saat surut sebut Heni Susanti cocok bagi anak-anak. Memanfaatkan pelampung ban bekas yang kerap disediakan warga, membawa pelampung berbentuk bebek juga bisa dimanfaatkan bagi anak-anak.

Bermain pasir dengan membuat miniatur rumah, istana dan berendam dengan pasir jadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan.

“Pantainya cukup landai dan tidak perlu khawatir terkena ombak karena ada susunan batu penghalang,” ulasnya.

Suhartiah, pengunjung lain asal Lempasing bilang alternatif mengunjungi pantai Karang Kambang karena lokasi mudah dijangkau. Berbeda dengan sejumlah pantai lain yang berbayar ia menyebut Karang Kambang masih gratis untuk warga lokal.

Pantai terbuka yang berada dekat pantai Abdul Azis tersebut sekaligus bisa menjasi akses menjangkau destinasi wisata lain. Destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi berupa Pulau Permata, pulau Tangkil.

Pantai Karang Kambang sebut Suhartiah cocok untuk kegiatan wisata keluarga. Pasalnya area pantai yang luas dengan hamparan pasir putih cocok untuk anak berlari, olahraga. Kegiatan bersepeda pada area pantai juga bisa dilakukan saat kondisi air laut surut.

Normalnya saat hari libur, minggu sebagian warga memanfaatkan peluang untuk berjualan dekat lokasi pantai tersebut. Minuman, makanan ringan hingga penyewaan ban pelampung juga disediakan.

“Saat berwisata ke pantai sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman ringan agar lebih mudah,” bebernya.

Kaidirman, salah satu warga Lempasing menyebut keberadaan pantai Karang Kambang memberi peluang ekonomi warga. Sebagian warga yang memiliki warung bisa berjualan di sekitar lokasi untuk menghasilkan keuntungan.

Kaidirman, pedagang makanan dan minuman ringan di sekitar pantai Karang Kambang, Sukajaya Lempasing, Pesawaran, Minggu (14/11/2021). Foto: Henk Widi

Sebagai pedagang makanan, minuman ringan ia menyebut bisa menawarkannya pada pengunjung. Menyewakan tikar, pelampung ban juga dilakukan olehnya saat kunjungan ke Karang Kambang ramai.

Pengunjung sebut Kaidirman tidak hanya ingin menikmati suasana pantai. Sebagian pehobi memancing menggunakan keberadaan batu karang penghalang sebagai lokasi memancing. Ia menyebut area memancing berada dekat tebing bebatuan.

Menggunakan teknik poper, umpan cumi-cumi membuat lokasi Karang Kambang jadi tempat yang disukai pemancing.

Wisatawan keluarga memanfatkan peluang untuk rekreasi memancing, hasil tangkapan dibakar untuk makan bersama bekal.

Lihat juga...