Papua Pimpin Klasemen Sementara Medali Menembak dan Memanah Peparnas XVI

Petembak Papua, Ribka Y Reba, bersiap membidik sasaran pada final menembak 10 meter Air Rifle Women Prone SH1 Peparnas Papua di Lapangan Tembak Indoor, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (11/11/2021) – Foto Ant

JAYAPURA – Kontingen tuan rumah, Papua, memimpin perolehan medali sementara, cabang olahraga menembak dan memanah, Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Data Technical Delegates (TD) Menembak Peparnas Papua, Kamis (11/11/2021), Papua memimpin dengan total 10 medali, terdiri atas 6 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Di posisi kedua ada Jawa Barat, yang meraih 2 medali, 1 perak, dan 3 perunggu (total 6 medali). Posisi ketiga, Riau, dengan raihan total 4 medali, yakni 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Jawa Tengah berada di urutan keempat dengan satu emas, diikuti Kalimantan Selatan dengan 2 perak dan 1 perunggu.

Setidaknya sebanyak 81 atlet dari 13 provinsi, akan bertanding memperebutkan 18 medali di nomor-nomor yang dipertandingkan di cabang olahraga menembak Peparnas Papua. Di antaranya, nomor 10 meter air rifle prone, 10 meter air pistol, dan 10 meter air rifle standing.

Sejumlah nama petembak nasional tercatat hadir di nomor tersebut seperti, Bolo Triyanto, Aris Haryadi, Hanik Puji Astuti, Yusuf Esema, Ahmad Ridwan, Heru Zainuddin, dan Dwi Retno Sulanjari. Mereka diwajibkan masuk ke kelas elite yang hanya diperbolehkan mengambil satu nomor pertandingan untuk pemerataan prestasi atlet.

Kontingen tuan rumah Papua, juga menempati peringkat teratas klasemen sementara medali cabang panahan. Berdasarkan data Technical Delegates (TD) Panahan Peparnas, Kamis (11/11/2021), Papua mengumpulkan total 15 medali, terdiri atas 8 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Di urutan kedua, Jawa Tengah dengan 3 medali emas, 3 perak, dan 1 perunggu atau total 7 medali, diikuti Kalimantan Selatan di peringkat ketiga dengan total 5 medali.

Lima medali tersebut, terdiri atas 3 emas, kemudian perak dan perunggu masing-masing satu medali. Peringkat keempat, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan raihan 1 emas. 2 perak, dan 3 perunggu (total 6 medali). Di peringkat lima, Kalimantan Barat dengan total tiga medali, yakni emas, perak, dan perunggu masing-masing satu medali. Sampai saat ini sudah ada total 19 medali emas yang diserahkan dari cabang panahan, baik dari divisi nasional, recurve, compound, dan W1.

Cabang olahraga panahan Peparnas Papua diikuti sebanyak 171 atlet panahan dari 18 provinsi yang memperebutkan 30 medali dari empat divisi, yakni recurve, compound, nasional, dan W1. (Ant)

Lihat juga...