Pembangunan Pelabuhan Teluk Surin Aceh Barat Daya Siap Dimulai

Tiang pancang pelabuhan tiba dikawasan Teluk Surin, Aceh Barat Daya - Foto Ant

BANDA ACEH  – Perangkat kerja dan tiang pancang, untuk pembangunan pelabuhan Teluk Surin, saati ni sudah tiba di kawasan Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee. Hal itu memperlihatkan, pembangunan dermaga sudah akan segera dimulai.

“Jumat (12/11/2021), saya akan menandatangani kontrak pengelolaan pelabuhan khusus Surin, dengan anggaran 100 persen dari pihak swasta,” kata Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, di Blangpidie, Kamis (11/11/2021), mengkonfirmasi telah tibanya perangkat kerja dan tiang pancang pelabuhan yang di datangkan oleh Investor untuk dimulainya pembangunan pelabuhan tersebut.

Orang nomor satu di negeri berjuluk tanoh breuh Sigupai itu menyebut, telah mempromosikan Teluk Surin untuk jadi pelabuhan bertaraf internasional sejak 2007. “Sejak saya dilantik jadi bupati definitif Abdya yang pertama. Banyak yang tidak paham, bahkan mencela program itu sebagai sesuatu yang berlebihan,” kata Akmal

Mimpi Aceh memiliki pelabuhan besar sebagai gerbang laut ekonomi seperti Belawan-Sumut, tidak akan pernah bisa terwujud, sebabnya hanya satu, yaitu Aceh tidak punya laut dalam seperti belawan, kecuali Sabang.

Saat ini pelabuhan yang terdalam itu Krung Geukuh, Aceh Utara. Tapi tanggung, hanya untuk kapal maksimum 10.000 ton. Malahayati 3000 ton, Calang 6000 ton, Meulaboh dan Aceh Selatan sekitar 2000 ton ke bawah “Artinya setengah kemampuan Belawan saja, laut kita ngak sanggup. Tapi tahukah anda, laut di Teluk Surin Abdya, sanggup menampung kapal di atas 100.000 ton. Makanya di zaman bahola, Amerika sudah tahu hingga armada dagang dan kapal perangnya singgah di Teluk Surin-Abdya,” tambahnya

“Doa saya, semoga Allah SWT membantu kelancarannya, dan membuka mata banyak orang, terutama para pemimpin, bahwa jendela besar Aceh itu hanya Teluk Surin di Abdya, ” pungkas Akmal Ibrahim. (Ant)

Lihat juga...