Pemkot Bandung Pasang Drumpori di Sejumlah Titik di Dago

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menambah pemasangan drumpori untuk mengantisipasi terjadinya banjir di sejumlah titik, termasuk di wilayah RT 08/RW 05 kelurahan Dago, kecamatan Coblong.

Ketua RT setempat, Agus Sukaryat, mengatakan ada dua drumpori yang baru saja dipasang di wilayahnya. Dua titik tersebut merupakan titik yang memang kerap menjadi pusat genangan air.

“Jadi kita yang usulkan kepada DPU agar dipasang di dua titik ini, karena memang di situ tidak ada resapannya,” kata Agus kepada Cendana News, Rabu (2/11/2021).

Drumpori merupakan media penampung air menggunakan drum yang ditanam di dalam tanah. Agus menilai, drumpori akan cukup efektif mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi, Senin (1/11/2021) di Kota Bandung, Jawa Barat. –Dok: CDN

“Dalam sepekan terakhir, wilayah Kota Bandung terus diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, terutama di sore dan malam hari. Tentu kita berharap, drumpori ini bisa membantu mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir, dan mempercepat surutnya genangan air,” tandas Agus.

Sementara itu Kepada DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, bahwa pihaknya menargetkan bisa membangun drumpori sebanyak 3.500 drumpori sampai akhir tahun.

“Ini memang menjadi salah satu strategi kita untuk mengatasi masalah banjir dan genangan air di Kota Bandung. Kita targetkan setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) bisa membangun 400 drumpori,” ucapnya, Rabu (3/11/2021).

Didi berharap, masyarakat dapat turut berpartisipasi membuat drumpori di halaman rumahnya masing-masing. Bila membutuhkan bantuan, maka UPT DPU terdekat pasti akan membantu.

“Warga bisa tinggal datang ke UPT. Kami sangat berharap masyarakat berpartisipasi. Sekarang yang banyak membuat itu masih DPU. Tapi, tinggal berkoordinasi dengan UPT. Kalau memang ada lokasi, sekaligus kita pasangkan,” pungkasnya.

Lihat juga...