Pemkot Sergai Ajak Pengusaha Turut Tanggulangi Banjir

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya. -Ant

SEIRAMPAH – Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara, menggandeng sejumlah pengusaha untuk bersinergi menanggulangi persoalan banjir yang kerap melanda beberapa lokasi saat datang musim penghujan.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, mengatakan, salah satu faktor utama yang menjadi penyebab banjir adalah akibat sedimen (endapan) lumpur di dasar sungai yang tidak pernah dikeruk.

Ditambah tidak adanya tanggul penahan, sehingga saat hujan air gampang meluap ke rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar sungai.

Namun, bupati mengakui jika pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk mengatasi permasalahan ini. Dibutuhkan sinergi dan kerja sama dari para pemangku kepentingan (stakeholders), terutama dari kalangan pengusaha agar ekonomi tetap berjalan di tengah bencana.

“Dampak banjir ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Sebenarnya pemerintah pusat sudah berencana melakukan normalisasi sungai sebagai solusi banjir, tetapi hal tersebut baru dilaksanakan tahun depan. Dikarenakan saat ini kita menghadapi situasi kedaruratan, maka dari itu perlu dilakukan tindakan segera, ” katanya di Seirampah, Kamis (11/11/2021).

Dirinya meminta kepada para pengusaha, agar ikut turut serta berkontribusi untuk masyarakat Sergai, salah satunya lewat mekanisme Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dimiliki oleh rata-rata perusahaan.

“Di momen-momen seperti inilah sinergi kita diuji. Maka itu, mari kita bersama-sama manfaatkan untuk bergandeng tangan. Untuk teknis bantuan yang diberikan, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak perusahaan. Terpenting bantuan tersebut bisa dirasakan dampaknya dalam usaha penanggulangan bencana banjir ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebut bantuan logistik seperti sembako memang penting, tapi akan jauh lebih bermanfaat jika bisa dicarikan solusi untuk akar permasalahan banjir ini.

“Sekali lagi saya mengajak semuanya bergotong royong untuk menghadapi permasalahan ini. Dengan bergotong royong, kendala apapun akan jadi lebih ringan dihadapi, ” katanya.

Sementara itu Sekdakab Sergai, H.M. Faisal Hasrimy, secara singkat mengharapkan keikutsertaan pihak perusahaan untuk menanggulangi permasalahan banjir lewat bantuan CSR, baik kepada masyarakat secara langsung maupun lewat normalisasi banjir.

“Misalnya saja bisa memberikan bantuan berupa alat berat yang diperuntukkan mengeruk ataupun melakukan normalisasi daerah aliran sungai yang terdampak musibah banjir. Insyaallah jika kita bergandeng tangan, ini semua dapat kita atasi, ” katanya. (Ant)

Lihat juga...