Pepes Nila Bumbu Rempah, Sehat Menghangatkan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Akhir pekan, sajian kuliner tradisional berbahan ikan air tawar bisa menjadi pilihan. Menu pepes pun bisa dibuat dari ikan nila, dengan balutan bumbu rempah yang menghangatkan badan.

Stevani Nory, warga Kelurahan-Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, memilih ikan nila segar untuk diolah menjadi pepes. Pembuatannya cukup sederhana, memakai bahan baku ikan segar, bumbu rempah dan daun pisang kepok sebagai pembungkus.

“Tahap awal, ikan nila satu kilogram berisi empat ekor dicuci bersih. Buang sisik dengan pisau hingga bersih, lalu kerat daging agar mudah menyerap bumbu. Rendam ikan nila yang telah dibersihkan memakai perasan jeruk nipis dan garam, untuk menghilangkan aroma amis. Bersihkan bagian isi perut, dan bagian insang agar tubuh ikan bisa diberi bumbu,” kata Stevani, saat ditemui Cendana News, Sabtu (27/11/2021).

Sembari menunggu ikan nila direndam perasan jeruk nipis dan garam, kata Stevani, sejumlah bumbu disiapkan. Bumbu yang disiapkan berupa jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun bawang, daun kemangi, pala, daun jeruk, garam, penyedap rasa.

Stevani, warga Kelurahan-Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, menyiapkan bahan pepes ikan nila, Sabtu (27/11/2021). –Foto: Henk Widi

“Semua bumbu dihaluskan memakai cobek hingga tercampur rata, sisakan cabai rawit hijau, daun kemangi, dan daun jeruk tetap utuh,” kata Stevani.

Menurutnya, sebagian bumbu rempah dihaluskan dengan cara diblender atau dihaluskan memakai cobek agar tercampur merata, lalu dimasukkan ke dalam baskom untuk proses pencampuran dengan ikan nila yang telah dibersihkan, dan direndam memakai air garam dan perasan air jeruk nipis.

Stevani bilang, setelah dicampur dengan beragam bumbu dalam baskom, siapkan daun pisang kepok, yang akan digunakan sebagai pembungkus. Terlebih dahulu daun pisang kepok dilayukan dengan cara dipanggang, agar lebih mudah untuk membungkus. “Letakkan dua lembar daun pisang kepok, lalu hamparkan ikan nila yang sudah diberi bumbu. Agar merata, berikan cabai rawit utuh, daun kemangi, potongan bawang daun ke atas daging ikan, lalu semat dengan lidi,” jelas Stevani.

Stevani menjelaskan, setiap bungkus pepes diisi satu ekor ikan nila. Setelah disemat memakai lidi, masak air dalam panci yang diberi tatakan. Letakkan bungkus ikan nila yang disemat memakai lidi pada tatakan. Kukus dengan air mendidih hingga matang selama lebih kurang setengah jam.

Setelah matang, angkat pepes ikan nila, selanjutnya  bisa disajikan dalam kondisi hangat. Agar lebih memiliki sensasi pepes yang lezat, pepes ikan nila bisa dipanggang.

“Panggang pepes hingga daun pisang terbakar agar sensasi aroma pepes lebih terasa, gunakan pemanggang dan api sedang,” ulasnya.

Stevani mengatakan, pepes ikan nila yang telah matang bisa disajikan dengan cara membuka daun pisang pembungkus. Buka pembungkus daun pisang, lalu sajikan dalam piring.

Kuliner pepes ikan nila dengan cara dikukus, lebih lezat daripada digoreng. Pasalnya, berbagai bumbu meresap dalam daging, sebagian disajikan utuh berupa cabai rawit, daun kemangi hingga daun jeruk nipis. Bumbu rempah berkhasiat untuk menghangatkan tubuh kala penghujan.

Teknik memasak dengan pepes, sebut Stevani menjadi cara menyajikan kuliner tanpa minyak goreng. Juga cara tradisional mengolah ikan air tawar segar dengan beragam bumbu rempah.

Aroma harum paduan bumbu rempah menjadikan selera makan bertambah. Sajian rempah yang dicampurkan dalam pepes akan menambah nafsu makan. Bumbu rempah penghangat badan, sekaligus penambah stamina tubuh.

“Agar lebih lezat, sebaiknya bumbu rempah bisa dihaluskan dengan cara digerus memakai cobek agar tetap utuh, lezat disantap,”ulasnya.

Ataya, salah satu keponakan yang menikmati sajian kuliner pepes ikan nila, mengaku daging lebih lembut. Daging ikan nila yang bercampur rempah lebih lezat disantap bersama nasi hangat.

Beragam bumbu yang disantap bisa dicampurkan dengan nasi putih hangat berupa jahe, kunyit dan penyedap rasa menambah selera makan.

Lihat juga...