Pliskova Awali WTA Finals Dengan Menundukan Muguruza

Petenis Ceko, Karolina Pliskova, beraksi dalam babak penyisihan grup WTA Finals melawan petenis Spanyol, Garbine Muguruza, di Panamerican Tennis Center, Guadalajara, Meksiko, Rabu (10/11/2021) – foto Ant

JAKARTA – Karolina Pliskova, melanjutkan dominasinya atas Garbine Muguruza, Rabu (10/11/2021) waktu setempat atau Kamis (11/11/2021) WIB. Laga pembuka WTA Finalsnya, yang digelar di Guadalajara, Meksiko, Pliskova menang 4-6 6-2 7-6(8/6) atas petenis Spanyol itu.

Unggulan ketiga dari Ceko, Pliskova (29), menjadi petenis paling tua dalam ajang elit penutup musim edisi tahun ini. Dia saat ini telah memenangi sembilan dari 11 pertemuan dengan Muguruza. Kemenangan itu, menempatkan Pliskova di puncak klasemen grup yang berlangsung dengan sistem round-robin, bersama petenis Estonia Anett Kontaveit, yang mengalahkan unggulan kedua dari Ceko Barbora Krejcikova, pada grup lainnya.

Setelah kehilangan set pertama, Pliskova, melakukan upaya servis yang luar biasa untuk merebut set kedua. Pada set ketiga yang menegangkan, Muguruza menyelamatkan dua match point, saat melakukan servis pada kedudukan 4-5.

Namun, dia tidak mampu memanfaatkan dua break point yang membawanya ke tiebreak. Muguruza menyelamatkan satu match point lagi untuk menyamakan kedudukan menjadi 6-6, tetapi Pliskova memenangi pertandingan setelah dua jam dan 26 menit ketika pukulan forehand Muguruza melebar.

Turnamen tersebut dipindahkan ke Meksiko dari tuan rumah biasanya di Shenzhen, Cina, karena pandemi COVID-19. Pergantian venue, berarti para pemain yang terdiri dari delapan petenis tunggal harus menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca Guadalajara yang berada sekitar 5.100 kaki atau sekitar 1.550 meter di atas permukaan laut. Pada pertandingan sebelumnya, Kontaveit memulai aksi penyisihan grup dengan kemenangan dua set langsung atas juara French Open Krejcikova. (Ant)

Lihat juga...