PLN Tanam Pohon Buah di Lokasi Ekowisata Jalatunda di Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — PLN UID Jakarta Raya Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat,  mendukung  pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dengan melakukan penanaman pohon di  lokasi ekowisata Kali Cikeas, Jatisari, Jumat (26/11/2021).

Kegiatan tersebut bentuk dukungan dalam pengembangan wisata alam Jalatunda di Keramat Asem, Kampung Payangan yang dikembangkan oleh Pokdarwis Jatusumbi. Dalam kegiatan tersebut PLN UID Jakarta Raya UP3 Pondok Gede, memberikan puluhan pohon buah untuk ditanam di lokasi wisata Jalatunda.

“Ini adalah bentuk kemitraan. Sebelumnya kami telah meminta izin ke Pokdarwis Jatusumbi untuk melakukan penanaman pohon buah di areal wisata Jalatunda bersamaan dengan agenda peringatan hari pohon sedunia,” ungkap Wahidin, Manajer UP3 Pondok Gede, kepada Cendana News, Jumat (26/11/2021).

Dikatakan program tersebut bentuk motivasi terkait program penghijauan dalam giat memperingati hari pohon sedunia. Harapannya bisa jadi motivasi buat masyarakat di lingkungan Kampung Payangan dan  para pengurus Pokdarwis Jatusumbi untuk terus melestarikan, menjaga dan merawat bantaran Kali Cikeas agar tetap asri.

Manajer PLN UP3 Pondok Gede, Wahidin, saat melihat langsung lokasi ekowisata Jalatunda didampingi Ketua Pokdarwis Jatusumbi, Maman Warman, Jumat (26/11/2021). -Foto: M. Amin

“PLN UID Jakarta Raya, UP3 Pondok Gede Siap mendukung terkait program yang tengah dirancang Pokdarwis Jatusumbi dalam pengembangan potensi wisata di Keramat Asem ini. Banyak kerja sama yang bisa dilakukan, salah satunya melalui pola kemitraan,” jelasnya.

Untuk itu dia mengajak Pokdarwis Jatusumbi untuk bermitra dalam menjaga kelestarian alam melalui pengembangan ekowisata. Ia pun mengapresiasi, Pokdarwis Jatusumbi yang telah melakukan perawatan bantaran Kali Cikeas, hingga diubah menjadi lokasi wisata menarik.

Ketua Pokdarwis Jatusumbi, Maman Warman, mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak PLN UID Jakarta Raya UP3 Pondok Gede. Dia  berharap perhatian tersebut terus terjalin ke jenjang berikut untuk pengembangan lokasi ekowisata Jalatunda yang masih terus mempercantik diri agar lebih menarik.

“Mudah-mudahan ke depannya PLN juga dapat menjalin kemitraan dalam program-program lanjutan baik jangka pendek maupun jangka panjangnya sinergi sesuai dengan program dari PLN,” ujar Maman Warman di sela-sela giat menanam pohon di bantaran Kali Cikeas.

Penanaman pohon buah dilakukan langsung secara simbolis oleh Manajer UP3 Pondok Gede, Wahidin, bersama Ketua Pokdarwis Jatusumbi, Maman Warman. Penanaman dilakukan di beberapa titik areal ekowisata Jalatunda.

Lihat juga...