Produk UMKM Tangerang Diekspor ke Dubai dan Busan

TANGERANG — Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melepas ekspor produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat untuk dipasarkan dalam Trade World Expo Dubai dan Galeri Etalase Busan Korea Selatan.

“Kali ini kita melepas produk-produk UMKM asal Kabupaten Tangerang untuk di ekspor ke Dubai dan Busan, Korea Selatan,” ucap Bupati A Zaki di Tangerang, Kamis (11/11/2021).

Ia mengatakan ekspor produk UMKM ini merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah daerah setempat, Kemendag, Kemenristek dan Swiss German University dengan tujuan menembus pasar internasional.

Untuk itu, ia memastikan, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga akan terus berupaya dan mendukung untuk mengembangkan produk unggulan UMKM yang ada di wilayah ini.

“Bahkan nanti kita akan memperbanyak kiriman dari diversifikasi produk ke luar negeri untuk skala ekspor,” katanya.

Ia mengharapkan, ke depannya, produk-produk dari hasil UMKM Kabupaten Tangerang tersebut, bisa terus bertambah dan berkesinambungan dalam ekspor ke luar negeri.

“Saya harap nantinya akan banyak produk-produk dari UMKM asal Kabupaten Tangerang yang bisa go Internasional juga seperti halnya kali ini. Semoga ini bisa terus berlanjut,” kata Zaki.

Sementara Itu, Kepala Bidang Perdagangan Dispetindag Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat menambahkan produk yang akan dikirim ke Galeri Produk UMKM di Busan Korea Selatan mencapai 35 produk, mencakup produk makanan, kerajinan maupun fesyen.

Sedangkan, lanjut dia, produk UMKM yang dikirimkan ke Dubai Word Expo sebanyak 12 produk unggulan yang juga mencakup produk makanan, kerajinan dan fesyen.

“Kami terus berusaha agar produk UMKM ini bisa bersaing di pasar lokal maupun internasional, salah satunya dengan melakukan promosi dalam negeri dengan platform aplikasi bintang gemilang serta pameran offline dengan mengoptimalkan fungsi Gerai Tangerang Gemilang,” katanya.

Ia mengharapkan kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak, baik dari Disperindag, Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan bersama perguruan tinggi tersebut bisa semakin baik kedepannya. (Ant)

Lihat juga...